Menpora Targetkan Indonesia Raih Posisi Ke-8 di FIBA Asia Cup
Menpora Zainudin Amali (DOK Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menargetkan Indonesia akan meraih posisi 8 pada klasemen penyelenggaraan kejuaraan bola basket Asia, FIBA Asia Cup Indonesia 2021.

FIBA Asia Cup akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada 19-27 Agustus mendatang. Turnamen basket se-Asia ini diikuti oleh 15 negara.

Hal ini disampaikan Menpora dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini. Menurut Amali, target ini serupa dengan yang dilakukan saat penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu.

"Kalau kita berkaca pada Asian Games, tim nasional kita berada pada posisi 8 besar, Maka insya Allah ini akan sama pada saat FIBA Asia nanti. Pak Presiden setuju dan beliau memberikan arahan kepada kami untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya karena waktunya sudah mepet," kata Amali dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 2 Juni.

Amali menjelaskan alasan pemerintah bersedia menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021. Ia mengaku ingin agar Indonesia memiliki prestasi dunia di bidang olahraga bola basket.

Kemudian saat ada penawaran menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2021, Indonesia langsung menyatakan kesanggupannya. Sebab, untuk menjadi peserta dalam turnamen ini harus ikut kualifikasi. 

"Dengan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup, maka kesempatan kita untuk bisa lolos menjadi peserta FIBA World Cup-nya terbuka. Dari peserta FIBA Asia Cup akan diambil 8 besar," ujar Amali.

"Nah, kalau diselenggarakan di Indonesia, tentu peluang itu akan besar untuk kita. itulah sebabnya kenapa kita menggunakan kesempatan untuk menjadi tuan rumah," lanjutnya.

FIBA Asia Cup 2021 akan menjadi event olahraga perdana internasional di level Asia bagi Indonesia setelah setahun lebih seluruh dunia menahan diri untuk tidak menggelar kompetisi olahraga karena pandemi COVID-19.

Logo FIBA Asia Cup 2021 menampilkan piala yang dikelilingi desain yang memadukan corak Batik dan referensi Elang Jawa. Ikon visual ini memadukan atribut unik Piala Asia FIBA dan Indonesia sebagai negara tuan rumah.

Tak hanya itu, saat ini Indonesia tengah mempersiapkan rencana penyelengggaraan FIBA World Cup 2023. Rencananya, akan ada arena baru yang akan dibangun di Gelora Bung Karno.