Pilihan Sulit Claudio Lotito ketika Klub Serie B Salernitana Dipastikan Promosi
Salernitana promosi ke Serie A (Twitter @SerieA)

Bagikan:

JAKARTA - Salernitana dipastikan promosi ke Serie A. Kini, pemilik Lazio Claudio Lotito harus menjual klub kedua yang dimilikinya tersebut.

Salernitana mendapatkan promosi dengan kemenangan 3-0 di Pescara pada hari terakhir musim Serie B. Namun, Gabriele Gravina, presiden FA Italia, mengatakan kepemilikan Lotito atas Salernitana "tidak dapat dilanjutkan" atau mereka tidak akan diizinkan untuk mendaftar di Serie A musim selanjutnya.

Lotito juga bisa menjual Lazio untuk menghindari aturan kepemilikan, tetapi pria berusia 64 tahun itu telah dikaitkan dengan klub yang berbasis di Roma lebih lama dari Salernitana.

“Ini adalah aturan yang sejalan dengan aturan FIFA yang tidak mengizinkan kepemilikan lebih dari satu klub di tingkat profesional,” kata Gravina kepada penyiar radio Italia Radio Anch'io Lo Sport dilansir dari The Athletic, Selasa, 11 Mei.

Presiden Lotito telah menikmati dispensasi selama bertahun-tahun dan semua orang tahu apa yang akan terjadi.

Aturannya jelas, kepemilikannya tidak dapat dilanjutkan dan jika itu terjadi, itu akan mencegah Salernitana untuk ambil bagian di Serie A musim depan.

Pasal 16 dari peraturan perizinan dan registrasi klub melarang individu memiliki beberapa klub di divisi yang sama.

Pada bulan Mei, aturan itu juga diubah dengan memasukkan memiliki dua klub profesional di Italia, terlepas dari liga mereka; Serie A, Serie B, Serie C, atau Serie D.

Amandemen tersebut memberikan pengecualian untuk kasus yang sudah ada sebelumnya, seperti Lotito dan Aurelio De Laurentiis, yang memiliki Napoli dan Bari dari Serie C, tetapi promosi Salernitana menempatkan Lotito pada posisi yang tidak dapat dipertahankan.

Salernitana berbasis di Salerno, sebuah kota pesisir di tenggara Napoli. Pada tahun 2005, klub ini bangkrut dan direformasi. Mereka dibeli dengan kepemilikan saat ini pada 2011 dan dibangun kembali dari Serie D di bawah Lotito.

Mereka terakhir kali bermain di Serie A pada musim 1998-99.

Adapun Lotito adalah pebisnis Italia yang merupakan presiden dan pemilik Lazio, sekaligus menjadi ketua dan salah satu pemilik Salernitana.

Lotito berada dalam kesulitan awal tahun ini ketika dia menerima larangan sepak bola dari FA Italia karena gagal melaporkan kasus COVID-19 ke otoritas setempat. Lazio juga didenda.

Selain Salernitana, Empoli juga telah dikonfirmasi sebagai juara Serie B sebelum pertandingan terakhir musim reguler.

Chievo Verona, Brescia, Cittadella, Venezia, Lecce dan Monza - dimiliki oleh Silvio Berlusconi dan dengan Mario Balotelli dan Kevin Prince-Boateng sebagai staf bermain mereka - akan bersaing di babak playoff.