Legenda China Bekas Pemain Grimsby Town, Zhang Enhua Meninggal Dunia
Zhang Enhua (Twitter @officialgtfc)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan kapten tim sepak bola nasional China Zhang Enhua, yang menjadi pahlawan pujaan saat bermain bersama Grimsby Town di Inggris, meninggal dunia karena masalah jantung setelah perayaan ulang tahunnya yang ke-48.

Dilaporkan AFP seperti dilansir Antara, Jumat, Zhang jatuh sakit setelah menikmati perayaan ulang tahunnya bersama teman-temannya pada Rabu, kata Global Times dan media lainnnya.

Zhang yang bermain sebagai bek tengah, adalah bagian dari skuat China pada Piala Dunia 2002 - satu-satunya kesempatan negara tersebut bertanding dalam kompetisi sepak bola tertinggi itu sejauh ini.

Zhang menghabiskan sebagian besar kariernya di Dalian, kota di timur laut tempat dia dilahirkan, dan memenangi tujuh gelar liga bersama klub kota tempat tinggalnya itu.

Kantor Berita Xinhua mengenangnya sebagai "legenda sepak bola China" dan Soccer News mengatakan bahwa dia adalah "seorang petarung" di lapangan, namun hangat dan santai di luar lapangan.

Meninggalnya Zhang juga menjadi berita utama di Grimsby, kota nelayan di pantai timur laut Inggris tempat ia menghabiskan sebagian dari musim 2000-2001 menyusul kepindahan mengejutkan dengan status pinjaman selama tiga bulan.

Zhang diterbangkan dari China untuk memecahkan krisis pertahanan di klub yang sedang bertahan di kompetisi divisi kedua Inggris tersebut.

Dia segera menjadi favorit penggemar, tampil 17 kali dan mencetak tiga gol bagi Grimsby, sebelum kembali ke China untuk persiapan Piala Dunia.

Zhang mempunyai anak laki-laki yang lahir di Grimsby dan memanggilnya Gary.