Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis belia asal China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia setelah pingsan ketika lagi memainkan laga babak penyisihan grup Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2024 di Yogyakarta.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengonfirmasi informasi meninggalnya pebulu tangkis tunggal putra itu melalui keterangan resmi pada Minggu, 30 Juni 2024, malam WIB.

"Zhang Zhi Jie dari China pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari, lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pukul 23.20 WIB," demikian PBSI dalam keterangan resmi mereka.

Zhang pingsan ketika sedang melawan wakil Jepang, Kazuma Kawano. Kejadian itu terjadi ketika kedua pebulu tangkis itu tengah memainkan pertandingan gim pertama dengan skor imbang 11-11.

"Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis."

"Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit," tulis keterangan lanjutan induk bulu tangkis nasional itu.

"Badminton Asia, PBSI, dan Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga, dan Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA). Dunia bulu tangkis kehilangan pemain berbakat," lanjut PBSI.

Pertandingan babak grup itu sendiri kemudian dimenangi oleh China dengan skor 3-2. Selain Zhang yang mundur dan tidak bisa menyumbang poin, China kehilangan satu poin lain ditunggal putri Xu Wen Jing.