Kembalinya 'Si Kontroversial' Dzeko ke Manchester
Edin Dzeko (Twitter @ed_dzeko)

Bagikan:

JAKARTA - Edin Dzeko telah dikaitkan dengan begitu banyak tujuan berbeda dan terlibat dalam begitu banyak kontroversi musim ini sehingga sulit untuk dilacak.

Pada bulan September, dia sangat dekat untuk bergabung dengan Juventus sehingga dia berhenti bermain untuk Roma untuk sementara. Pada Januari, seharusnya ada kesepakatan pertukaran yang dibuat dengan Inter Milan untuk Alexis Sánchez.

Kemudian, terjadi perselisihan dengan pelatih Paulo Fonseca yang mengakibatkan dia dicopot dari jabatan kapten Roma.

Tapi Dzeko tidak pernah meninggalkan ibu kota Italia, dan sekarang dia akan kembali ke bekas kota tempat tinggalnya di Inggris untuk memimpin Giallorossi melawan Manchester United di leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat, 30 April, dini hari.

"Ada banyak pasang surut musim ini. Saya mengalami masa-masa sulit secara pribadi karena banyak hal, tetapi saya tidak suka melihat ke belakang. Apa yang terjadi," kata Dzeko baru-baru ini dilansir dari MARCA

"Kami perlu melihat ke depan. Kami berada di semifinal, yang tidak disangka-sangka banyak orang. Kami harus menikmati diri kami sendiri, karena tidak setiap minggu Anda bisa bermain di Old Trafford."

Dzeko, bagaimanapun, tahu apa artinya mengunjungi United sebagai lawan. Dia melakukannya selama lima musim bersama Manchester City sebelum bergabung dengan Roma pada 2015 - dan mencetak enam gol dalam derby Manchester.

"Sejak saya meninggalkan Manchester City enam tahun lalu, saya tidak pernah kembali," kata Dzeko kepada UEFA.com. "Ini akan menjadi pertandingan istimewa bagi saya, karena itu adalah derby bagi saya hingga beberapa tahun lalu."

Dua pemain Roma lainnya, bek Chris Smalling dan gelandang Henrikh Mkhitaryan, sebelumnya bermain untuk United.

Smalling bergabung dengan Roma dengan status pinjaman pada 2019 setelah sembilan tahun bersama Manchester United. Dia pindah permanen tahun lalu setelah musim pertama yang kuat di Roma tetapi berjuang dengan cedera musim ini.

Smalling absen di perempat final melawan Ajax. Kini, dia diharapkan untuk mengambil alih pertahanan dari Gianluca Mancini yang diskors pada leg pertama di Manchester.

Smalling dan bek Roma lainnya akan memiliki tugas untuk menahan penyerang United yang haus gol seperti Edinson Cavani dan Marcus Rashford.

Adapun Mkhitaryan, yang seperti Smalling bermain di tim United yang menjuarai Liga Europa pada 2017, ia juga sedang berusaha kembali ke performa terbaiknya menyusul cedera.

Bagi penggemar Roma, pertandingan ini menghadirkan kesempatan untuk membalas dendam setelah kekalahan 7-1 oleh United di Old Trafford pada Liga Champions 2006-07 - pertandingan yang dimainkan oleh manajer United saat ini Ole Gunnar Solskjaer.

Dengan mengingat pertandingan tersebut, pendukung Giallorossi memanfaatkan komentar terbaru dari Solskjaer, yang dilaporkan mengatakan bahwa dia "tidak mengenal Roma dengan baik" dan tidak melihat mereka bermain bola.

Fans Roma menanggapi dengan menempelkan poster Solskjaer di sekitar kota mereka disertai dengan pesan: "Buatlah agar dia mengingat kita!".