Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo belum menunjukkan tanda-tanda gantung sepatu. Dia kini dikaitkan dengan kepindahan ke ke klub Inggris.

Wrexham yang saat ini bermain di League One, level ketiga kompetisi Inggris, digadang-gadang siap menggaet Ronaldo begitu kontraknya di Al Nassr berakhir pada 2025.

Megabintang Portugal itu sekarang juga tak terlalu mempersoalkan terkait di liga mana dia bermain asal ada klub yang sanggup menggajinya.

Wrexham pun dianggap mampu mendatangkan Ronaldo mengingat mereka sekarang sudah dimiliki aktor Hollywood, Ryan Reynolds dan Rob McElhenney.

Kedua aktor itu mengambil alih Wrexham sejak November 2020. Klub berjuluk The Robins itu pun mengalami peningkatan pesat sejak saat itu.

Wrexham promosi ke League Two (level keempat Inggris) pada 2023/2024. Setahun berselang, mereka naik lagi ke League One.

Para jutawan papan atas Amerika Serikat itu menyatakan bahwa tujuan mereka ialah membawa Wrexham promosi hingga Liga Inggris.

Kans tersebut besar lantaran Wrexham berjalan di trek positif. Mereka sedang menghuni peringkat dua League One 2024/2025.

Karena itu, Wrexham butuh kekuatan baru dengan mendatangkan bintang untuk mewujudkan tujuannya. Ronaldo pun menjadi target berikut meski publik masih melihat tidak masuk akal.

Mantan bek Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Chelsea, William Gallas, menjadi salah satu orang yang optimistis Ronaldo pindah ke Wrexham.

"Cristiano Ronaldo ke Wrexham? Segala sesuatu mungkin terjadi dalam sepak bola di permainan modern."

"Saya tidak akan terkejut karena uang berbicara dan kita telah melihat bahwa tidak ada yang mustahil akhir-akhir ini," kata Gallas.

Eks pemain Timnas Perancis itu lebih lanjut menyebut bahwa sepak bola modern sudah jauh berbeda.

Era digital membawa sepak bola ke dunia baru yang mana bukan lagi soal performa di lapangan, melainkan juga profil yang bisa menarik sponsor.

"Anda melihat pemain muda pergi ke Arab Saudi. Padahal, mereka tidak akan pernah meninggalkan Eropa di masa lalu."

"Pesepak bola dan klub sepak bola sekarang terobsesi dengan merek dan sponsor mereka. Anda dapat menghasilkan banyak uang dan tidak hanya dari gaji Anda di klub."

"Sekarang semuanya tentang media sosial dan memiliki jutaan pengikut. Baik Wrexham maupun Ronaldo memiliki profil besar. Jadi, mengapa tidak?"

"Saya telah berbicara dengan mantan rekan satu tim saya tentang media sosial dan semua yang terjadi sekarang. Rasanya seperti dunia yang berbeda. Begitu banyak hal sekarang mungkin terjadi."

"Ronaldo lebih dari sekadar pemain sepak bola, dia adalah produk. Dia juga masih mencetak begitu banyak gol di lapangan. Akan ada banyak klub yang masih senang memilikinya," ujar Gallas lagi.

Masalahnya, tinggal sekarang bagaimana Wrexham bisa mengatur keuangannya jika jadi merekrut Ronaldo.

Saat ini, banyak klub League One iri dengan pengeluaran Wrexham yang hampir mencapai 2 juta pound di bursa transfer musim panas.

Gaji George Evans sebesar 7.200 pound per minggu menjadikannya bintang dengan gaji tertinggi di Wrexham.

Angka itu masih jauh dari gaji Ronaldo saat ini di Al Nassr yang menerima 3,4 juta pound setiap minggu.

Namun, lagi-lagi, tidak ada yang tidak mungkin. Kehebohan Wrexham yang mengutarakan niat mendaratkan pemain 39 tahun itu telah menimbulkan spekulasi seputar masa depan Ronaldo.

Apalagi, pemenang Ballon d'Or lima kali itu sedang mengincar rekor pribadi untuk mencapai seribu gol sepanjang kariernya sebelum gantung sepatu.

Ronaldo sudah mengatakan kepada sahabatnya, Rio Ferdinand, bahwa ia ingin bermain sepak bola hingga berusia setidaknya 41 tahun untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Bermain di liga yang ada di bawah Premier League tentu akan memudahkan jalannya mencapai target 1.000 gol.