Bagikan:

JAKARTA - Perancis pesta gol saat menghajar Israel 4-1 di pertandingan Grup 2 League A UEFA Nations League di Stadion Bozsik Arena, Budapest, Hungaria, Jumat, 11 Oktober 2024 dini hari WIB.

Perancis mempertahankan tren positif saat melakoni pertandingan di Nations League. Setelah mengawali pertarungan di kejuaraan antarnegara Eropa ini dengan kekalahan 3-1 saat melawan Italia, mereka berhasil bangkit pada dua laga berikutnya.

Perancis sukses menaklukkan Belgia 2-0. Selanjutnya, tim asuhan Didier Deschamps yang tidak diperkuat kapten Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann yang memutuskan pensiun dari timnas ini menghabisi Israel.

Kemenangan itu menjadikan Perancis tetap bertengger di peringkat dua dengan poin enam. Sementara, Italia menduduki posisi puncak setelah bermain imbang 2-2 melawan Belgia. Italia sendiri mengantungi poin tujuh setelah melakoni tiga pertandinga pertama.

"Hal yang bagus karena memenangkan pertandingan. Apalagi saat atmosfer di skuad memang kurang nyaman," kata Deschamps menyusul kritikan terhadap Mbappe karena absen di pertandingan Nations League. Selain itu Perancis dan Deschamps mendapat tekanan setelah hasil buruk saat melawan Italia

"Penampilan tim memang belum sempurna, terutama saat transisi. Meski demikian dengan kualitas pemain yang kami miliki, mereka sudah bermain cukup bagus," ucapnya.

Di pertandingan itu, Deschamps menurunkan komposisi pemain yang berbeda dengan prediksi. Striker Randal Kolo Muani justru menjadi pilihan pertama setelah Perancis tak lagi diperkuat Griezmann.

Muani didukung Michael Olise yang menunjukkan pergerakan aktif dengan kualitas teknik yang tidak kalah apik. Hanya, gelandang Bayern Munchen berusia 22 ini memang masih minim pengalaman.

Berlaga di tempat netral karena Israel dilanda konflik internasional, Perancis tampil perkasa. Gelandang Eduardo Camavinga membuka pesta gol Perancis setelah memanfaatkan kesalahan Omri Glazer saat laga baru berjalan tujuh menit.

Gol pemain Real Madrid ini menjadi awal bagus bagi Perancis. Hanya, Les Bleus sempat hilang fokus dan Israel berhasl menyamakan skor melalui Omri Gandelman di menit 24. Gol tercipta setelah sundulan Gandelman yang meneruskan umpan panjang Oscar Gloukh menaklukkan kiper Mike Maignan. Skor berubah 1-1.

Namun Perancis dengan cepat bangkit. Hanya berselang dua menit, Perancis sudah kembali unggul saat Christopher Nkunku membobol gawang lawan. Pemain depan Chelsea ini menunjukkan aksi melewati dua bek Israel sebelum mencetak gol. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Perancis tetap bermain ofensif dan tidak memberi ampun Israel. Mereka menyerang habis-habisan yang memaksa Israel hanya bisa bertahan.

Namun Perancis baru bisa menambah gol menjelang akhir pertandingan. Gelandang Matteo Guendouzi yang masuk menggantikan Nkunku memantapkan keunggulan Perancis di menit 87. Selanjutnya, hanya dua menit berselang, Bradley Barcola menutup kemenangan juara dunia dua kali ini menjadi 4-1.