Bagikan:

JAKARTA - PSSI melalui anggota Exco, Arya Sinulingga, memberikan tanggapan soal tuduhan pemain naturalisasi Timnas Indonesia memiliki dua paspor. Katanya, pihak federasi sudah memastikan bahwa tiap pemain naturalisasi hanya berpaspor Indonesia.

Pernyataan ini diungkapkan anggota Exco PSSI karena belakangan muncul isu pemain naturalisasi memiliki dua paspor.

Lebih lanjut, kabar tersebut menyebutkan bahwa para pemain naturalisasi bisa menanggalkan status WNI jika tugas membela Timnas Indonesia selesai.

Menurut Arya, isu tersebut merupakan kabar yang tidak jelas. Dia menyayangkan isu-isu ini muncul ketika Timnas Indonesia sedang berupaya mendongkrak prestasi di kancah sepak bola internasional.

"Kita ini bingung, ya. Ketika Timnas Indonesia berjuang dan hasilnya baik, membawa nama Merah Putih, semuanya bersatu, rakyatnya mendukung, bisa dilihat antusiasme rakyat juga besar," ucap Arya Sinulingga di Jakarta melalui keterangan resminya, Kamis, 12 September 2024.

"Karena Timnas Indonesia, Merah Putih bisa berkibar, rasa kebangsaan kita juga besar, ada saja orang yang berusaha menggembosi begitu."

"Dengan isu-isu yang kadang-kadang enggak jelas, kok bisa yang begitu masih terjadi," katanya lagi.

Arya menegaskan bahwa para pemain diaspora saat masuk maupun keluar dari Indonesia menggunakan paspor Indonesia. Apalagi para pemain naturalisasi ini adalah anak-anak yang memiliki darah keturunan Indonesia dari orang tuanya atau kakek-neneknya.

"Yang pasti pemain diaspora itu mereka punya darah Indonesia. Bahkan, ada bapak atau ibunya itu orang Indonesia, orang Maluku, Manado, asli. Kok, bisa mempertanyakan kebangsaan mereka?" tuturnya.

"Mereka sudah kita urus sesuai dengan hukum kita. Mereka mendapat kewarganegaraan, kemudian mereka juga kita bawa ke FIFA untuk pindah federasi dari negara asalnya menjadi federasi Indonesia (PSSI)."

"Ada yang nanya-nanya tentang paspornya. Yang pasti ketika masuk ke Indonesia, dia pakai paspornya Indonesia, ketika keluar dari Indonesia dia juga paspornya Indonesia," kata Arya.

Saat ini Timnas Indonesia memang diperkuat banyak pemain keturunan yang baru dinaturalisasi. Mereka sukses membawa Skuad Garuda melangkah ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.