Bagikan:

JAKARTA - Arsenal tidak akan memakai jersei home saat melakoni Derbi London Utara atau The North London Derby melawan tetangga sebelah Tottenham Hotspur yang bertindak sebagai tuan rumah. Ini untuk kali pertama setelah 38 tahun, Arsenal tak memakai jersei yang identik dengan warna merah tersebut.

Arsenal dan Tottenham selalu memakai jersei home dalam setiap derbi mereka. Pasalnya jersei kandang kedua tim memang sangat kontras.

Jersei home Arsenal didominasi dengan warna merah. Sedangkan Tottenham identik dengan warna putih. Ini yang menjadikan Tottenham mendapat julukan The Lilywhites.

Karena lawannya identik dengan putih, Arsenal tetap bisa memakai jersei home di kandang Tottenham. Begitu pula sebaliknya saat Tottenham menyambangi markas The Gunners. Mereka tetap bisa memakai seragam putihnya.

Hanya saja musim ini Arsenal tidak diizinkan memakai jersei home saat melakoni laga tandang di derbi London Utara edisi pertama yang digelar di Stadion Tottenham Hotspur, Minggu, 15 September 2024 malam WIB. Pasalnya, operator liga menilai jersei mereka 'terlalu putih' sehingga 'tabrakan' dengan jersei home Tottenham.

Jersei home Arsenal musim 2024/2025 memang agak berbeda karena warna putih cukup dominan. Di bagian bahu, lengan dan sisi kanan kiri jersei home memakai warna putih. Belum lagi celana pemain yang juga berwarna putih.

Terlihat elegan dan 'berkelas' memang. Namun Kai Havertz dkk bakal direpotkan bila melakoni laga tandang melawan tim yang identik dengan warna putih seperti Tottenham.

Ini yang menjadikan Arsenal memakai jersey away yang dominan denan warna hitam. Ini untuk kali pertama sejak musim 1985/1986, Arsenal akhirnya benar-benar memakai jersey tandang dalam derbi ini.

Arsenal sesungguhnya mengajukan permintaan bila celana pemain diganti yang berwarna merah sehingga pasukan Mikel Arteta tetap bisa memakai jersei home. Namun permintaan Arsenal ditolak.

Di laga itu, Arsenal kehilangan kapten Martin Odegaard yang mengalami cedera betis saat memperkuat Norwegia di ajang UEFA Nations League.

Sebelumnya, Arsenal kehilangan Mikel Merino dan Declan Rice yang mendapat kartu merah di laga melawan Brighton and Hove Albion.

Sementara, Tottenham tidak diperkuat pemain depan Richarlison. Namun manajer Ange Postecoglou berharap bisa menurunkan Micky van de Ven dan Dominic Solanke.