Bagikan:

JAKARTA - Belasan motor parkir di trotoar dan lapak pedagang kaki lima di Jalan Howitzer Raya hingga Jalan Howitzer lanjutan RW 01, 02 dan RW 06 Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, ditertibkan petugas gabungan.

Lurah Sumur Batu, Nurhidayat mengatakan, kegiatan ini melibatkan sebanyak 45 petugas gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP, Perhubungan, Kecamatan Kemayoran dan Kelurahan Sumur Batu. Kegiatan dilakukan petugas dengan menyisir kawasan Jalan Howitzer hingga Jalan Howitzer Raya.

"Kegiatan ini dalam rangka penataan dan penertiban terhadap PKL, parkir liar, umbul-umbul dan reklame yang menyalahi aturan," katanya saat dikonfirmasi, Kamis, 12 September.

Selain bagian dari upaya penataan kawasan, Jalan Howitzer hingga Jalan Howitzer Lanjutan merupakan salah satu titik penilaian Adipura.

Sehingga, petugas gabungan melakukan pembongkaran bangunan dan penertiban terhadap PKL yang beroperasi di atas saluran, pedestrian dan trotoar.

Sedangkan terhadap kendaraan yang kedapatan pakir sembarang di bahu jalan dan di atas trotoar dikenakan sanksi operasi cabut pentil (OCP).

- https://voi.id/berita/415765/tersangka-pembunuhan-pegawai-indomaret-sudah-bekerja-selama-4-tahun-kenal-korban-baru-3-bulan 

- https://voi.id/berita/415760/pegawai-indomaret-tusuk-teman-kerjanya-karena-diminta-penuhi-hasrat-seksual

- https://voi.id/berita/415374/warga-perum-bojonggede-asri-ditemukan-tewas-dengan-leher-terikat-di-kebun-teh 

- https://voi.id/berita/413488/video-siswi-sd-tersedak-duri-plastik-yang-dimasukan-temannya-ke-dalam-roti-rsud-bekasi-angkat-bicara 

- https://voi.id/berita/413495/pria-di-cengkareng-meronta-kesakitan-usai-disiram-air-keras-saat-bonceng-pacarnya-dengan-motor 

- https://voi.id/berita/411564/wn-india-ketahuan-overstay-6-tahun-gegara-sering-ganggu-warga-kemang-jaksel 

- https://voi.id/berita/410931/kabar-duka-indra-lesmana-alami-kecelakaan-di-perlintasan-ka-sukabumi 

- https://voi.id/berita/410603/dua-demonstran-terlibat-pembakaran-mobil-patroli-pospol-pejompongan-dibebaskan 

[/see_also]

"Tujuan agar memberi efek jera agar mereka juga bisa peduli terhadap hak pejalan kaki melintasi trotoar dan pedestrian," katanya.

Kegiatan penertiban ini menyita sebanyak 2 gerobak PKL, 1 gerobak pemulung, 3 meja kayu, 4 bangku kayu, 8 bangku plastik, 2 reklame mini, 4 tiang besi, 2 umbul-umbul dan 3 spanduk komersial tanpa izin. Selian itu sebanyak 16 kendaran roda dua yang kedapatan parkir liar dikenakan sanksi OCP.

"Terhadap oknum PKL, kami minta membuat pernyataan untuk tidak mengulangi. Bila kedapatan lagi, bisa saja mereka nanti dikenakan sanksi tindak pidana ringan atau Tipiring," katanya.