Bagikan:

JAKARTA - Yamaha akan meluncurkan sistem transmisi otomatis terbarunya bernama Y-AMT pada 30 September di Jepang. Hal lebih menarik lainnya, teknologi terbaru tersebut akan disematkan pada motor MT-09 yang bakal dirilis tahun depan.

Dilansir dari Rideapart, Selasa, 10 September, pabrikan akan mengganti sistem girboks manual enam percepatan dengan transmisi Y-AMT, memudahkan pengendara dalam melakukan pergantian gigi.

Y-AMT tidak hanya berfokus pada kedinamisan dalam berkendara, melainkan juga memiliki bobot hanya 2,8 kg sehingga diklaim berkontribusi dalam pengurangan bobot pada motor.

Transmisi ini memiliki sistem pergantian gigi lebih cepat dibandingkan dengan transmisi manual konvensional, bahkan dengan menggunakan fitur quickshifter.

Dengan sistem ini, pergantian gigi pada motor dapat dilakukan tanpa menggunakan kaki. Hal ini memungkinkan pengendara hanya berfokus pada penggunaan throttle maupun rem serta lebih memperhatikan posisi tubuh ketika berkendara.

Meskipun tidak serumit penggunaan transmisi konvensional, Yamaha merancang Y-AMT agar dapat disesuaikan oleh pengendara di berbagai keadaan. Dengan menggunakan fungsi 'MT', pengendara dapat melakukan pergantian gigi secara mandiri. Pengendara dapat menggunakan pilihan mode manual dengan ibu jari atau dapat berpindah ke mode otomatis sepenuhnya.

Namun, Yamaha juga menyediakan mode manual yang berarti pengendara mengontrol perpindahan gigi dengan mengaktifkan dua pedal yang dipasang di switchgear, bertanda '+' dan '-' untuk perpindahan gigi ke atas dan ke bawah.

Yamaha juga mengatakan bahwa posisi dan gerakan tuas telah dirancang agar mudah dioperasikan, dengan gerakan lebih sedikit yang diperlukan untuk mengoperasikan sistem.

Transmisi tersebut bekerja dengan menggunakan dua aktuator elektronik, yang menangani penerapan kopling kiri dan perpindahan gigi. Dengan demikian, pengendara tidak memerlukan kontrol manapun.

Y-AMT akan bekerja sama dengan sistem throttle ride by wire yang juga memungkinkan integrasi mode berkendara dan cruise control.

Pada penggunaan mode otomatis, transmisi ini hadir dengan karakteristik pergantian gigi. Posisi ‘D’ menawarkan nuansa perpindahan gigi yang lebih lembut dengan putaran mesin lebih rendah.

Jika pengendara merasa belum cukup, Yamaha menghadirkan opsi ‘D+’ yang akan mempercepat waktu perpindahan gigi dengan mempertahankan kecepatan mesin yang lebih tinggi.

Yamaha MT-09 merupakan salah satu model tertinggi yang dimiliki oleh merek yang ditenagai mesin CP3 3-silinder segaris 890cc berpendingin cairan dengan bore dan stroke berukuran 78 mm x 62,1 mm dengan rasio kompresi 11,5 banding satu.