Bagikan:

JAKARTA – Mantan asisten pelatih Los Angeles Lakers, Phil Handy, dipastikan akan hadir ke Indonesia untuk kedua kalinya dan membuka klinik kepelatihan (coaching clinic) untuk pelatih serta pemain.

Phil rencananya akan memberikan kegiatan yang disponsori PT Bank OCBC NISP Tbk dengan tajuk "94 Feet of The Game Indonesia Basketball Camp2024" tersebut pada 25-28 September 2024 di GBK Arena, Senayan, Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Ardima Rama Putra, mengatakan bahwa kehadiran Phil Handy merupakan berkah buat bola basket Indonesia.

"Kegiatan ini digunakan untuk pembinaan usia muda dari usia 14-18 tahun. Dengan pelatih sekelas ini pasti akan membawa skill pemain Indonesia meningkat," ujar Rama dalam konferensi pers di Jakarta.

Kegiatan Phil dimulai dengan memberikan klinik kepelatihan kepada pelatih pada 25 September 2024. Menyusul setelah itu jadwal untuk pebasket usia 14-18 tahun dari tanggal 26 sampai 27 September 2024.

Rangkaian kegiatan kemudian mencapai puncak pada 28 September 2024 ketika Phil Handy akan menghadiri acara meet and greet serta talkshow di OCBC Space BSD, Tangerang, Banten.

Klinik kepelatihan ini tercetus bermula dari keputusan Phil mengontak Manajer Timnas Basket Putri Indonesia, Christopher Tanuwidjaja. Keduanya memiliki kedekatan karena Phil sebelumnya pernah ke Indonesia.

Christopher mengungkapkan bahwa ia lalu berdiskusi dengan almarhum Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih, terkait isi pembicaraan dengan Phil.

Danny kemudian mengusulkan agar Phil memberikan klinik kepelatihan kepada pebasket usia belia.

"Phil mengiyakan, tetapi Phil mintanya jangan yang anak-anak nol banget dasar basketnya. Dia mau mengembangkan yang sudah punya dasar basketnya," kata Christopher.

Phil Handy sebelumnya pernah datang ke Indonesia untuk membantu persiapan Timnas Basket Putri menuju Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Ketika itu, dia datang untuk transfer beberapa pengetahuan teknis kepada Skuad Garuda Putri. Hasilnya Timnas Basket Putri mampu menembus babak perempat final dari ajang empat tahunan tersebut.

Klinik kepelatihan yang melibatkan Phil ini merupakan persembahan besar terakhir dari kepengurusan PP Perbasi periode 2019-2023. Pasalnya, induk basket nasional itu bulan depan sudah berganti kepengurusan melalui musyawarah nasional (Munas).