Bagikan:

BADUNG - Sebanyak tiga unit thermal scanner ditempatkan di terminal kedatangan internasional, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, untuk mendeteksi virus mpox atau cacar monyet.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan mengatakan terkait dengan peningkatan status mpox, Bandara I Gusti Ngurah Rai berkoordinasi dengan Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Denpasar, dalam rangka melakukan pencegahan penyebaran mpox di Pulau Bali.

“Saat ini, terdapat tiga unit thermal scanner yang ditempatkan pada area kedatangan internasional yang menjadi titik fokus pencegahan penyebaran mpox," kata Handy, Rabu, 21 Agustus.

Jika terdapat penumpang yang terindikasi terjangkit mpox di Bandara I Gusti Ngurah Rai, maka petugas bandara akan menyerahkan kepada pihak BBKK Denpasar untuk dilakukan penangan lebih lanjut.

"Penumpang yang terindikasi mpox akan diisolasi terlebih dahulu di ruang klinik BBKK Terminal Internasional, sebelum diperiksa lebih lanjut ke rumah sakit rujukan," ujarnya.

"Hingga hari ini (Rabu 21/8) belum ditemukan indikasi adanya penumpang yang terjangkit mpox di Bandara I Gusti Ngurah Rai," ujarnya.