Bagikan:

JAKARTA – Pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana berhasil mendapat tiket babak semifinal Korea Open 2024.

Mereka lolos ke babak empat besar ajang Super 500 BWF ini setelah menghajar ganda tuan rumah, Choi Sol Gyu/Heo Kwang Hee, dua gim langsung 21-17 dan 21-17 pada Jumat, 30 Agustus 2024, siang WIB.

Ini merupakan semifinal kedua buat pasangan itu sejak komposisi mereka dirombak. Sebelumnya, mereka juga berhasil menginjak babak yang sama ketika bermain di Jepang Open 2024 pekan lalu.

"Kami tentu merasa senang bisa kembali maju ke semifinal. Namun, jangan terlalu merasa cepat puas karena masih ada hari esok dan pertandingan berikutnya," ujar Bagas usai pertandingan.

Pada awal gim pertama, Leo/Bagas dengan mudah mencetak tiga angka beruntun. Namun, mereka kemudian mendapat perlawanan ketat sebelum unggul tipis satu poin saja di interval.

Dua angka beruntun setelah itu membawa wakil Indonesia menjauh. Akan tetapi, mereka kemudian sempat tertinggi 14-15 sebelum menghasilkan empat angka beruntun untuk mengembalikan situasi.

"Pada awal gim pertama kami sempat tertekan. Apalagi bola-bola depan banyak kami lewati, tetapi kami berusaha terus dan mencoba untuk bisa mendapatkan poin. Akhirnya bisa menang di gim pertama," kata Leo.

Kejar-kejaran angka terjadi pada awal gim kedua. Total ada tujuh kali kedudukan sama sebelum interval.

Leo/Bagas yang sempat tertinggal 8-9 menemukan momentum dengan enam angka beruntun. Perolehan poin mereka terus menanjak dan tidak terkejar sama sekali oleh lawan setelahnya.

"Pada gim kedua saya mencoba bermain lebih berani lagi dalam mengambil keputusan. Saya tidak berpikir soal kesalahan yang dilakukan partner. Kami saling mendukung. Kalau kehilangan poin, ya, harus usaha lebih keras lagi bagaimana caranya untuk bisa mendapat poin berikutnya," tutur Leo.

Leo/Bagas adalah satu dari dua wakil Indonesia yang berhasil ke perempat final Korea Open 2024. Satu wakil lainnya ialah Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin yang belum berlaga saat berita ini ditulis.