Bagikan:

JAKARTA – Indonesia sudah pasti punya satu tiket final Hong Open 2024 setelah dua ganda putra melewati perempat final dan akan saling berhadapan di babak semifinal pada Sabtu, 14 September 2024.

Kepastian tersebut muncul setelah Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani menghentikan unggulan ketujuh asal Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee, dua gim langsung 21-18 dan 21-15 pada Jumat, 13 September 2024, siang WIB.

"Puji syukur bisa sampai ke semifinal. Kami senang dengan performa kami di Hong Kong Open 2024 ini," ujar Sabar dalam keterangan yang diterima dari PBSI.

Hasil ini sekaligus menjadi balas dendam buat pasangan yang menjuarai Madrid Spain Masters 2024 itu. Mereka sekarang menyamakan rekor menang-kalah kontra Man/Kai menjadi 1-1.

Dalam satu-satunya bentrok kompetitif sebelumnya terjadi di semifinal Indonesia Open 2024 pada Juni 2024. Kala itu, Sabar/Reza kalah dua gim langsung.

"Belajar dari pertemuan sebelumnya di Indonesia Open 2024, kami kalah sabar, kalah tenang dengan mereka. Jadi, hari ini kami lebih fokus, tidak mau memberikan kesempatan mereka untuk berkembang," kata Sabar.

Pada babak semifinal, Sabar/Reza akan berhadapan dengan rekan mereka Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana, pasangan yang menjuarai Korea Open 2024 dua pekan lalu.

Leo/Bagas memastikan diri sukses mencapai babak semifinal dalam tiga turnamen beruntun usai mengalahkan pasangan Korea Selatan, Kim Gi-jung/Kim Sa-rang.

"Besok lawan Leo/Bagas besok pasti akan ramai. Kami sudah sama-sama tahu apalagi sebagai pasangan sudah pernah bertemu. Performa mereka sedang menanjak, tetapi kami tidak mau gentar," ujar Sabar.

Selain kedua pasangan ini, Indonesia juga punya pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin yang menembus babak perempat final Hong Kong Open 2024.

Akan tetapi, pasangan tersebut sudah angkat koper dari turnamen. Mereka gagal melangkah jauh akibat kalah melawan unggulan ketiga Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.