Bagikan:

JAKARTA - Dua wakil Indonesia sudah mengamankan tiket final Hong Kong Open 2024 melalui ganda putra Sabar Karyaman/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani dan tunggal putri Putri Kusuma Wardani.

Sabar/Reza menjadi wakil Merah-Putih pertama yang mengamankan partai puncak Hong Kong Open 2024.

Mereka menumbangkan koleganya, Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana, dua gim langsung dengan skor 21-13 dan 21-17 di Hong Kong Coliseum, Sabtu, 14 September 2024.

"Dua pertandingan baik di perempat final dan semifinal kami bisa revans dengan lawan yang mengalahkan kami sebelumnya."

"Strategi yang kami persiapkan berjalan dengan baik. Semoga berlanjut sampai final besok (Minggu, 15 September 2024)," ujar Sabar dalam rilis resmi PBSI.

Sabar/Reza sudah ditunggu ganda Korea Selatan sekaligus unggulan ketiga turnamen, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae, di partai final.

Kemenangan itu membuat penampilan impresif Leo/Bagas terhenti. Dalam dua turnamen sebelum Hong Kong Open 2024, pasangan baru tersebut sukses melangkah ke semifinal, yaitu di Jepang Open dan Korea Open 2024.

Bahkan, Leo/Bagas berhasil menjadi jawara di Korea Open 2024 sejak dirombak pasangan pada bulan lalu.

"Memang tadi harus diakui Sabar/Reza bermain lebih baik. Permainan depannya lebih nekat sehingga mereka lebih banyak mendapat serangan."

"Memang di sini siapa yang banyak mendapat kesempatan menyerang, dialah yang bisa menang," tutur Leo selepas laga.

Berikutnya, tiket final juga digenggam Putri KW. Tunggal putri Indonesia itu mengalahkan wakil Jepang, Tomoka Miyazaki, melalui pertarungan sengit tiga set dengan skor 22-20, 21-23, dan 21-18.

Final kali ini memperpanjang catatan apiknya dalam dua turnamen beruntun. Sebelumnya di China Taipei Open 2024 pekan lalu, Putri KW juga sukses melangkah ke partai puncak.

Sayang, saat itu dia dihentikan tunggal Korea Selatan, Sim Yu-jin, sehingga harus puas menjadi runner-up.

"Sangat senang bisa tampil di final kedua (beruntun) dalam dua minggu. Ini juga menjadi final pertama saya di level Super 500 BWF. Saya berharap besok bisa berdiri di podium tertinggi," kata Putri KW.

Putri KW akan berjumpa pemenang antara Pornpawee Chochuwong (Thailand) vs Han Yue (China) di final Hong Kong Open 2024.

Indonesia masih punya kemungkinan menambah wakil di final Hong Kong Open 2024. Masih ada Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting yang bertarung di semifinal.

Jonatan berjumpa tunggal China, Lei Lan Xi, sementara Ginting bertemu Viktor Axelsen (Denmark) pada malam nanti.