Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil mencapai babak semifinal China Open 2024 setelah balas dendam atas wakil tuan rumah, Lei Lan Xi.

Jonatan mengamankan tiket semifinal ketiga buat Indonesia usai menang dua gim langsung 21-18 dan 21-12 di Olympic Sports Center Gymnasium, China, pada Jumat, 20 September 2024, petang WIB.

Dalam duel ini, Jonatan sebenarnya tertinggal hampir sepanjang gim pertama berlangsung. Ia baru mendapat momentum dengan empat poin beruntun setelah kedudukan imbang 16-16 dan mulai tidak terkejar.

"Memang kunci pentingnya di gim pertama ketika sisi lapangan kurang menguntungkan. Beberapa kali saya juga melakukan kesalahan, tetapi saya mencoba untuk terus melakukan inisiatif serangan," ujar Jonatan.

Babak empat besar ini merupakan semifinal kedua beruntun yang dipijak oleh Jonatan dalam dua turnamen sejak Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, babak yang sama dia capai di Hong Kong Open 2024 pekan kemarin.

Pada saat di Hong Kong, Jonatan gagal ke final usai kalah melawan Lei Lan Xi dalam laga rubber game. Dengan demikian, kemenangan ini sekaligus menjadi balas dendam Jonatan.

"Puji Tuhan bisa ke semifinal lagi setelah minggu lalu di Hong Kong Open 2024. Tahun lalu juga saya semifinal di sini (China Open). Semoga besok bisa lebih baik lagi, hasil sudah ada yang mengatur tinggal berjuangnya," kata Jonatan.

Tahun lalu peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut gagal ke final China Open karena kalah melawan Viktor Axelsen. Pada saat itu, dia menyerah dua gim langsung melawan tunggal Denmark tersebut.

Sebelum Jonatan, Indonesia telah mengamankan dua tiket semifinal melalui pasangan ganda campuran Dejan Ferdinanyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin.