Bagikan:

JAKARTA - – Lee Carsley telah ditunjuk sebagai pelatih interim Timnas Inggris menjelang kampanye  UEFA Nations League yang akan dimulai bulan depan. Hal ini  diumumkan oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) pada  Jumat, 9 Agustus.

Carsley telah menjadi manajer timnas Inggris U-21 sejak tahun 2021 dan berhasil membawa tim tersebut meraih gelar Juara Eropa U-21 pada tahun 2023. FA menyatakan bahwa Carsley akan memimpin tim Inggris untuk pertandingan-pertandingan di bulan September, dengan kemungkinan untuk terus memegang posisi tersebut sepanjang musim gugur sambil mereka melanjutkan pencarian untuk manajer permanen.

Dia mengambil alih tim senior setelah Gareth Southgate mengundurkan diri bulan lalu, setelah hampir delapan tahun menjabat sebagai manajer, menyusul kekalahan Inggris di final Euro 2024 melawan Spanyol.

“Merupakan kehormatan bagi saya untuk naik ke posisi ini dan memimpin tim Inggris sebagai pelatih interim,” kata Carsley dalam sebuah pernyataan. “Karena saya sudah sangat familiar dengan para pemain dan siklus sepak bola internasional, masuk akal bagi saya untuk membimbing tim sementara FA melanjutkan proses rekrutmen manajer baru.”

Pertandingan pertama Carsley sebagai pelatih akan berlangsung pada 7 September melawan Irlandia, negara yang pernah dibelanya sebanyak 40 kali berkat garis keturunannya dari sang nenek.

“Lee adalah pelatih yang fantastis yang sudah dikenal oleh sebagian besar skuad senior kami saat ini, karena dia telah bekerja dengan banyak pemain baik di level internasional maupun klub,” ujar CEO FA, Mark Bullingham. “Dia menawarkan solusi interim yang sangat kuat dan kami yakin dia akan tampil baik dalam pertandingan-pertandingan Liga Bangsa-Bangsa UEFA yang akan datang.”

Selain melawan Irlandia, Inggris juga akan menghadapi Finlandia di kandang pada bulan September. Tugas Carsley adalah untuk memulai kampanye Liga Bangsa-Bangsa dengan kuat, di mana Inggris akan berupaya untuk memenangkan promosi kembali ke Liga A dalam grup yang juga diisi oleh Yunani.

Karier kepelatihan Carsley dimulai di Coventry City, di mana dia mengakhiri karier bermainnya, dengan dua kali menjabat sebagai pelatih sementara. Dia kemudian mengelola Brentford sebelum menjalani masa singkat sebagai pelatih interim di Birmingham City.