Bagikan:

JAKARTA - Perancis menang tipis 1-0 atas Guinea pada laga kedua penyisihan Grup A cabang sepak bola Olimpiade 2024 di Stadion Allianz Riviera, Nice, Minggu, 28 Juli 2024 dini hari WIB. Kemenangan yang membuka peluang Perancis lolos ke perempat final.

Perancis harus bekerja keras menghadapi Guinea. Di Olimpiade yang digelar di kandang sendiri, Perancis tampil dengan pemain senior Alexandre Lacazete. Selain itu ada Michael Olise, eks pemain sayap Crystal Palace yang baru saja bergabung dengan Bayern Munchen.

Meski memiliki skuat terbaik, namun tim asuhan Thierry Henry mengalami kesulitan menghadapi lawannya. Performa Perancis mengalami penurunan dibandingkan saat menghadapi Amerika Serikat di laga pertama. Saat itu, Les Blues menang telak 3-0.

Hanya saja kemenangan 1-0 atas Guinea sudah cukup bagi Perancis untuk mengukuhkan posisi di puncak klasemen dengan poin enam. Namun mereka belum bisa memastikan lolos ke perempat final. Sedangkan Guinea sudah pasti tersingkir. Mereka tak pernah menang sehingga menduduki dasar klasemen Grup A.

Perancis sendiri masih harus bersaing dengan Amerika Serikat dan Selandia Baru yang sama-sama mengantungi poin tiga. Bila Selandia Baru mengalahkan Perancis di laga terakhir dan AS menang atas Guinea, maka tiga tim tersebut sama-sama mengantungi poin enam.

Tim-tim yang lolos ke perempat final pun ditentukan lewat selisih gol dan produktivitas mereka dalam membobol gawang lawan.

Meski demikian, Perancis tetap berada di atas angin. Pasalnya, tuan rumah hanya butuh hasil imbang di laga terakhir untuk melaju ke delapan besar.

Dalam pertandingan melawan Guinea, Perancis dipaksa bekerja keras. Bahkan pasukan Henry nyaris frustrasi karena kesulitan menembus pertahanan kokoh Guinea.

Perancis yang tak berhenti menyerang lawan sempat mendapat peluang bagus melalui Arnaud Kalimuendo yang mendapat umpan dari Aliou Balde. Hanya saja, sepakan Kalimuendo masih membentur tiang gawang.

Bek Kiliann Sildillia akhirnya memecah kebuntuan Perancis. Sundulan pemain dari klub Bundesliga Jerman Freiburg ini membobol gawang lawan di menit 75. Dirinya menyelesaikan dengan baik assist dari Olise.

Skor berubah menjadi 1-0 untuk Perancis. Tidak ada tambahan gol sampai akhir pertandingan sehingga Perancis hanya menang satu gol.