Bagikan:

JAKARTA - Tuan rumah Perancis lolos ke perempat final Olimpiade 2024 setelah meraih kemenangan 3-0 atas Selandia Baru di pertandingan terakhir penyisihan Grup A di Stade de Marseille atau Orange Velodrome, Marseille, Rabu, 31 Juli 2024 dini hari WIB.

Perancis hanya butuh imbang setelah meraih dua kemenangan pertama di penyisihan grup. Di laga sebelumnya, tim asuhan Thierry Henry menaklukkan Amerika Serikat 3-0 dan kemudian menang tipis 1-0 atas Guinea.

Dengan mengantungi enam poin, Perancis sesungguhnya hanya butuh hasil imbang di laga terakhir melawan Selandia Baru. Namun Les Bleus menutup penyisihan grup dengan hasil sempurna.

Mereka tidak hanya meraih kemenangan tetapi juga tak pernah kebobolan selama penyisihan grup. Perancis yang mendapatkan poin sembilan akhirnya tampil sebagai juara grup.

Disusul Amerika Serikat yang menduduki peringkat dua setelah menghajar Guinea 3-0. Dengan memiliki poin enam, AS lolos mendampingi Perancis untuk bertemu Maroko sebagai juara Grup B. Sedangkan Perancis bertemu tim kuat Argentina yang menempati posisi sebagai runner up Grup B.

Di laga terakhir melawan Selandia, Perancis tidak menurunkan skuat terbaik karena sudah memastikan lolos ke babak knockout.

Henry mengistirahatkan kapten Alexandre Lacazette yang merupakan salah satu pemain senior di tim Perancis. Begitu pula gelandang anyar Bayern Munchen Michael Olise dibangkucadangkan. Hanya Olise kemudian dimasukkan di babak kedua.

Meski demikian Perancis tetap masih terlalu kuat bagi Selandia Baru yang harus mengalahkan tuan rumah untuk membuka peluang ke perempat final. Pertandingan baru berjalan 19 menit, Perancis sudah unggul melalui striker Jean-Philippe Mateta yang memanfaatkan lemahnya pertahanan Selandia Baru.

Namun setelah gol dari penyerang Crystal Palace berusia 27 ini, Perancis mengalami kesulitan memperbesar keunggulan di sepanjang babak pertama.

Selandia Baru berhasil membenahi pertahanan mereka sehingga menjadi lebih solid dan memaksa tuan rumah harus bekerja keras. Skor 1-0 untuk Perancis itu bertahan sampai 45 menit pertama.

Memasuki babak kedua, Perancis tak menurunkan tempo permainan. Mereka terus menekan pertahanan lawan tetapi belum bisa menambah gol.

Kesabaran pemain Perancis akhirnya membuahkan gol di menit 71. Gelandang Desire Doue sukses membobol gawang lawan yang mengubah skor menjadi 2-0.

Hanya berselang tiga menit, striker Arnaud Kalimuendo memantapkan keunggulan Perancis. Dirinya menaklukkan kiper Alexander Paulsen yang menjadikan tuan rumah unggul 3-0. Skor itu bertahan sampai akhir laga.

Pada pertandingan lain, AS tak kesulitan mengatasi perlawanan Guinea. Di laga itu, pemain sayap Wolfsburg, Kevin Paredes mencetak brace.

Namun kemenangan AS dibuka gelandang Djordje Mihailovic. Pemain Colorado Rapids ini membawa AS unggul di menit 14.

AS tak butuh waktu lama untuk memperbesar keunggulan. Paredes mengubah skor menjadi 2-0 di menit 31.

Selanjutnya, dia mencetak gol kedua di pertandingan itu di menit 75. Paredes menyelesaikan assist dari Jack McGlynn yang membawa AS menang 3-0. Skor itu bertahan sampa akhir laga.