Bagikan:

JAKARTA - Satria Muda menjamu Dewa United Banten pada gim pertama semifinal Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di Britama Arena, Kamis, 25 Juli 2024.

Tuan rumah mengamankan gim pertama setelah menang dengan skor 89-75.

Satria Muda mampu meredam produktivitas poin Dewa United pada laga ini. Abraham Grahita dan rekan-rekan memang sempat tertinggal 14-18 di kuarter pertama.

Namun, mereka bangkit di kuarter kedua. Penyerangan yang lebih efektif menjadi kunci sehingga mampu menghasilkan 19 poin.

Satria Muda pun berbalik unggul di kuarter kedua dengan skor 43-36.

Performa Arki Dikania Wisnu dan kolega konsisten di dua kuarter berikutnya. Hingga pertengahan kuarter ketiga, Arki mencetak three-point untuk membuat keunggulan 56-50.

Arki menjadi aktor Satria Muda mempertahankan keunggulan. Dia mencetak 14 poin dengan field goals precentage 100%, memasukkan 6 dari 6 tembakan, termasuk dua kali three-point. Satria Muda unggul 66-60 saat kuarter ketiga ditutup.

Pada kuarter terakhir, Dewa United tetap tidak mampu keluar dari tekanan. Serangan tim asuhan Pablo Favarel semakin tidak terarah.

Mereka hanya memasukkan empat tembakan dari 16 kesempatan di kuarter keempat. Dewa United sempat tertinggal 16 angka sebelum akhirnya menyerah dari tim tuan rumah.

Turnovers juga jadi masalah Dewa United di gim pertama semifinal. Mereka melakukan 15 turnovers yang dimanfaatkan Satria Muda menjadi 20 poin.

Reynaldo Garcia Zamora menjadi momok menakutkan bagi pertahanan Dewa United. Dia menyelesaikan laga dengan catatan 26 poin, sembilan assist, lima steal, dan dua blok.

Zamora mengemas 15 poin dari 21 kesempatan free throw. Dari bangku cadangan, Abraham Damar Grahita menyumbang 22 poin. IBL Local MVP 2024 tersebut tampil selama 30 menit dengan field goals 9 dari 16 kesempatan, termasuk empat kali three-point.

Kapten tim Satria Muda, Arki Dikania Wisnu, menyumbang 16 poin. Penampilan Arki menjadi panutan bagi rekan-rekannya. Dia tampil efektif dengan hanya meleset dua kali dari sembilan percobaan tembakan.

Sementara Artem Pustovyi menambahkan double-double 14 poin dan 11 rebound.

Kubu Dewa United, ada Jordan Adams mencetak 29 poin, 11 rebound, dan enam assist. Kaleb Ramot Gemilang menambahkan 15 poin, disusul Lester Prosper dengan sumbangan 14 poin.

Pada pertandingan kali ini, Gelvis Solano Paulino tidak bisa leluasa bergerak. Dia hanya mencetak lima poin dengan field goals 1 dari 12 kesempatan.

Satria Muda unggul 1-0 di semifinal dan menjaga asa mereka untuk bisa melaju ke babak final IBL 2024. Namun, sebelum itu, mereka harus menjalani gim kedua di kandang Dewa United, yang akan digelar pada Sabtu, 27 Juli 2024.