Bagikan:

JAKARTA - Hari Sabtu 29 Juni lalu  menjadi momen istimewa di kamp tim nasional Austria di UEFA EURO 2024: Ralf Rangnick, sang pelatih tim, merayakan ulang tahunnya yang ke-66.

Rangnick tidak hanya bisa melihat kembali Euro yang sangat sukses di tanah airnya, di mana tim nasional Austria finis sebagai juara Grup D, tetapi juga mencatat prestasi gemilang dalam jabatannya di ÖFB.

Sejak akhir Mei 2022, Rangnick telah memimpin tim nasional Austria dalam 25 pertandingan, meraih 15 kemenangan, 4 kali imbang, dan 6 kali kalah. Ini berarti rata-rata 1,96 poin per pertandingan, yang merupakan statistik terbaik di antara seluruh pelatih tim nasional yang memimpin lebih dari lima pertandingan.

Di bawah kepemimpinannya, Austria berhasil mengalahkan tim-tim besar seperti Kroasia (3-0), Italia (2-0), Jerman (2-0), dan Belanda (3-2) dalam Euro ini.

Dengan Rangnick di pinggir lapangan, tim nasional Austria meraih gelar juara grup untuk pertama kalinya dalam sejarah Euro dan mencapai babak 16 besar untuk kedua kalinya secara keseluruhan.

"Mari kita mulai yang sebenarnya," ujar Rangnick setelah kemenangan terakhir Austria atas Belanda, dan menambahkan, "Kami tahu kami harus tampil di level tertinggi."

Di babak 16 besar, Austria akan menghadapi Turki di Leipzig, kota yang dulunya menjadi tempat tinggalnya saat menjabat sebagai direktur olahraga dan sesekali sebagai pelatih di RB Leipzig antara 2012 dan 2019.

"Saya senang bisa bermain di Leipzig. Tidak hanya karena ini adalah bekas tempat tinggal saya, tetapi juga karena kami memiliki perjalanan yang singkat dan bisa menggunakan bus. Tidak memiliki perjalanan jauh adalah keuntungan tersendiri," katanya.

Sebagai hadiah ulang tahun yang optimal, Rangnick tentu berharap Austria bisa melangkah ke perempat final untuk pertama kalinya. Hari ini, seperti yang diungkapkan oleh Andreas Weimann, para pemain tim akan memberinya "kue dan lagu yang indah". Semoga yang terbaik akan menyusul