Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Satoru Mochizuki, memanggil 27 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta sejak Selasa, 25 Juni 2024.

Tim ini sebelumnya sudah menjalani dua rangkaian uji coba di Bahrain melawan tim tuan rumah. Garuda Pertiwi sukses membawa dua kemenangan di Bahrain, yaitu menang 3-2 dan 3-0.

Rencananya, Timnas Wanita Indonesia nanti juga akan menjajal kekuatan dari Hong Kong yang diagendakan pada 11 dan 14 Juli 2024.

Namun, pada laga melawan Hong Kong, Satoru mengubah komposisi skuad. Setengah lebih pasukan yang dibawa ke Bahrain diganti dengan nama baru.

"Jadi, rencananya kami hari ini sampai dengan nanti akhir bulan, mengadakan seleksi untuk persiapan melawan Hong Kong. Jadi, dari Timnas Wanita sebelumnya, separuh lebih kami mengganti pemainnya."

"Kami mencoba memberikan kesempatan untuk pemain lainnya tampil, sampai di mana kelayakan mereka bisa masuk tim ini," kata Satoru Mochizuki seusai latihan.

"Untuk nanti melawan Hong Kong, sejujurnya saya belum mengetahui kekuatan dan permainan mereka. Yang pasti, siapa pun lawannya, tujuannya saya yakni untuk memberikan kemenangan bagi Indonesia," tuturnya.

Komposisi pemain yang dipanggil saat ini tentu akan menjalani seleksi kembali. Beberapa di antaranya sudah pernah ikut dengan pelatih asal Jepang itu.

"Pemain ini adalah kombinasi informasi dari saya sendiri dan tentu PSSI. Beberapa dari pemain ini sudah pernah ikut dengan saya. Saya sangat puas dengan performa mereka," kata Satoru.

Sementara itu, kali ini Satoru menyertakan dua nama pemain keturunan, yakni Noa Leatomu (KRC Genk Ladies Belgia) dan Estella Loupatty (AFC Vrouwen 1 Belanda).

Mereka pun sudah bergabung di pemusatan latihan sejak hari pertama. Rencananya, akan ada satu orang lagi (Djenna de Jong) pemain keturunan yang akan bergabung.

"Hari ini ada dua orang pemain keturunan yang mengikuti latihan. Nanti satu orang lagi akan menyusul. Keduanya yang saya lihat cukup memiliki kecepatan," kata pelatih yang akrab disapa coach Mochi itu.

Ada perubahan lain dalam Timnas Wanita Indonesia kali ini, yakni pergantian asisten pelatih. Satoru membawa satu orang Jepang lain, bernama Takumi Taniguchi untuk menjadi asisten pelatih.

"Ya, ada perubahan di tim ini, belum semuanya datang. Pemain juga belum semuanya, ada yang masih di Jepang. Harapan saya, pemain-pemain baru ini nanti bisa bersaing dan bisa dibawa ke Hong Kong," katanya.

Daftar 27 Pemain Seleksi dan Pemusatan Latihan Timnas Wanita Indonesia

1. Fani - Jawa Tengah

2. Prihatini - Jakarta

3. Laita Ro'ati Masykuroh - Jawa Timur

4. Ghadiza Asnanza - Akademi Persib

5. Agnes Sintauli - Jawa Barat

6. Gea Yunanda – Jawa Barat

7. Nabila Sysilia Divany - Lampung

8. Safira Ika Putri Kartini - Jawa Timur

9. Indira Jenna Almira - Banten

10. Octavianti Dwi Nurmalita - Yogyakarta

11. Citra Ramadhani - Kalimantan Timur

12. Zahra Nafisa Dwi Agustin - Akademi Persib

13. Helsya Maeisyaroh - FC Ryukyu Jepang

14. Nabila Saputri - Banten

15. Reva Octaviani - Jawa Barat

16. Viny Silfianus - Jakarta

17. Syafia Tristalia Choerlienka - Arema Women

18. Rosdila Siti Nurrohmah - Jawa Barat

19. Zahra Musdalifah - Cerezo Osaka

20. Seva Imut - Jakarta

21. Claudia Alexandria Scheunemann - Tangerang Selatan

22. Allya Putri Afianti - Bangka Belitung

23. Marsela Awi - FC Ryukyu Jepang

24. Carla Bio Pattinasarani - Jakarta

25. Kikka Putri Ramadani - Kalimantan Tengah

26. Noa Leatomu - KRC Genk Ladies, Belgia

27. Estella Loupatty - AFC Vrouwen 1, Belanda