Bagikan:

JAKARTA - Pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia pada Jumat, 5 Juli 2024, menggelar latih tanding dengan Academy PSF Putra di Stadion Madya, Jakarta.

Skuad asuhan Satoru Mochizuki terbilang lengkap karena pemain keturunan yang ditunggu, Sydney Hopper, sudah hadir.

Bahkan, pemain berdarah Indonesia-Amerika Serikat itu memborong dua gol di laga uji coba tersebut. Sydney Hopper merupakan diaspora yang kini bermain untuk Dallas Baptist University.

Sebelumnya, Mochizuki sudah memiliki dua pemain keturunan lain yang sudah bergabung sejak awal TC pada 25 Juni 2024, yaitu Noa Leatomu (KRC Genk Ladies Belgia) dan Estella Loupatty AFC Vrouwen 1 Belanda).

Menariknya, pada agenda latih tanding tersebut, tampak kehadiran pemain berdarah Jerman-Indonesia, Amira Marlene Dahl.

Pemain klub SV Werder Bremen yang berlaga di Frauen-Bundesliga atau Liga Jerman Wanita itu diproyeksikan bisa membela Timnas Wanita Indonesia.

Namun, Sekjen PSSI Yunus Nusi yang juga hadir dalam agenda tersebut mengatakan pihaknya belum dapat berbicara banyak tentang kans Amira akan dinaturalisasi.

Ia mengatakan semua keputusan soal nasib pemain akan diserahkan sepenuhnya kepada pelatih Garuda Pertiwi, Satoru Mochizuki.

Potret Amira Marlene Dahl saat membela Werder Bremen (Instagram/@milli.bola)

"Hari ini belum bisa main karena baru datang juga. Kami juga tidak memaksa, coach Mochizuki juga demikian."

"Kami serahkan kepada coach Mochizuki yang lagi komunikasi. Ada dari Komite Eksekutif PSS, Vivin Cahyani Sungkono, yang bertugas untuk membangun komunikasi dengan mereka-mereka," kata Yunus seperti dilansir Antara.

"Kami sangat berharap anak-anak Indonesia keturunan yang ada di luar sana termasuk yang putri bisa bersama-sama gabung Timnas Wanita Indonesia."

"Mudah-mudahan mungkin dalam beberapa hari ke depan kami akan lihat semua, tergantung coach Mochizuki," tuturnya.

Amira Marlene Dahl, pemain keturunan Indonesia-Jerman (Instagram/@milli.bola).

Amira mencatatkan dua penampilan bersama Werder Bremen. Dia mengemas satu gol yang ia cetak saat melawan Nurnberg pada 16 September 2023.

Pemain yang memiliki darah Indonesia dari ibunya itu diketahui memiliki caps bersama Timnas Jerman U-17.