Bagikan:

JAKARTA - Timnas Wanita Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan (TC) sejak Selasa, 25 Jui 2024, di Lapangan ABC Senayan, Jakarta.

Pelatih Satoru Mochizuki telah memanggil 27 nama untuk menjalani seleksi dan TC tersebut.

Pemusatan latihan itu digelar untuk mempersiapkan Timnas Wanita Indonesia melawan Hong Kong pada 11 dan 14 Juli 2024 dalam laga persahabatan.

Sebelumnya, Satoru juga membawa Garuda Pertiwi beruji coba di Bahrain beberapa waktu lalu. Mereka meraup kemenangan di dua laga melawan Bahrain dengan skor 3-2 dan 3-0.

Sepulang dari Bahrain, Satoru kembali menggelar TC. Namun, dia mengganti komposisi skuad sebanyak setengah lebih dari tim yang dibawa ke Bahrain.

Timnas Wanita Indonesia yang saat ini banyak dihuni nama baru, dua di antarnya merupakan diaspora berdarah Indonesia-Belanda, yaitu Noa Leatomu (KRC Genk Ladies Belgia) dan Estella Loupatty (AFC Vrouwen 1 Belanda).

Keduanya sudah bergabung TC Timnas Wanita Indonesia sejak 25 Juni 2024.

Hanya saja, ternyata Satoru masih punya satu nama lagi pemain diaspora yang akan menyusul TC, yaitu Djenna de Jong.

"Ada dua orang pemain keturunan yang mengikuti latihan. Nanti satu orang lagi akan menyusul. Keduanya yang saya lihat cukup memiliki kecepatan," kata Satoru Mochizuki.

Djenna de Jong yang punya nama lengkap Djenna Teddy Victory de Jong kini membela klub Belanda NAC Breda.

Sebelumnya, dia juga tercatat pernah memperkuat SpVg Aurich (Belanda) sebelum direkrut VfL Wolfsburg (Jerman).

Djenna de Jong biasa tampil sebagai gelandang serang. Pemain kelahiran 14 September 2005 itu punya garis keturunan dari ibunya, sementara sang ayah berkewarganegaraan Maroko.

Selain Djenna, nyatanya ada satu pemain diaspora lain yang diproyeksikan membela Timnas Wanita Indonesia, yaitu Sydney Hooper.

Sydney juga direncanakan mengikuti TC Timnas Wanita Indonesia yang tengah berjalan ini. Pemain kelahiran 15 Maret 2007 itu biasa bermain di pos gelandang maupun gelandang serang.

Sydney Hooper kini membela Dallas Baptist University yang tampil di NCAA II (kompetisi perguruan tinggi Amerika Serikat). Sebelumnya, dia tercatat membela Tulsa Soccer Club yang berkompetisi di ECNL.

Garis keturunan Indonesia yang dimiliki Sydney Hooper berasal dari sang ibu yang merupakan WNI. Sejauh ini, Sydney masih berpaspor ganda, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat.