Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Manchester United, Kobbie Mainoo, memuji rekan setimnya di klub, Rasmus Hojlund dan Christian Eriksen, menjelang laga Grup C Euro 2024 antara Inggris melawan Denmark pada Kamis, 20 Juni.

Pemain berusia 19 tahun ini menikmati  terobosannya di Man United musim lalu dan kemunculannya sebagai bintang tim utama menjadi salah satu dari sedikit hal positif yang bisa diambil oleh para pendukung Setan Merah dari musim 2023-24 yang mengecewakan.

Mainoo memastikan Man United mengakhiri musim dengan baik, saat golnya melawan rival Manchester City membantu tim asuhan Erik ten Hag meraih kemenangan 2-1 di final Piala FA bulan lalu.

Gelandang kelahiran Stockport ini tampil impresif dalam 35 penampilan seniornya untuk Man United musim lalu dan mendapatkan panggilan dari pelatih Inggris, Gareth Southgate, untuk Euro 2024, membuat debut kompetitifnya sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 1-0 atas Serbia di Grup C pada Minggu lalu.

Mainoo kembali berpeluang tampil saat Inggris menghadapi Denmark, dan remaja ini menantikan prospek bertanding melawan dua rekannya di Man United, Hojlund dan Eriksen, yang mencetak gol dalam hasil imbang 1-1 Denmark dengan Slovenia.

Mainoo "Teman Baik" dengan Hojlund dan "Belajar" dari Eriksen

Berbicara pada konferensi pers pada Selasa, sebagaimana dikutip oleh BBC Sport, Mainoo menyatakan bahwa ia bersahabat baik dengan Hojlund, 21 tahun, dan memandang Eriksen, 32 tahun, sebagai sosok senior di lini tengah Man United dan Denmark. Namun, ia siap mengesampingkan persahabatan tersebut pada Kamis ini.

"Saya belum berbicara dengannya baru-baru ini, tapi saya akan melakukannya setelah pertandingan. Saya fokus di sini dan mungkin setelah pertandingan saya akan berbicara dengannya," kata Mainoo tentang Hojlund.

"Mungkin, saya tidak tahu, saya belum pernah bermain melawannya sebelumnya. Dia teman baik, bagus memiliki hubungan baik di dalam dan di luar lapangan," tambahnya.

"Mereka [Hojlund dan Eriksen adalah] rekan setim yang hebat bagi saya, Rasmus masih muda seperti saya jadi saya selalu di sekitarnya. Saya mencoba belajar dan mengambil pelajaran dari Christian. Jika saya bermain pada Kamis, saya harus mengesampingkan itu dan bersaing melawannya serta semoga mendapatkan kemenangan," ungkap Mainoo.

Mainoo berharap bisa masuk dalam starting lineup Inggris bersama Declan Rice, yang menurutnya "sepadan dengan setiap sen".

Rice telah meningkatkan permainannya dalam beberapa musim terakhir dan dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di Liga Premier setelah transfer  105 juta pound dari West Ham United ke Arsenal musim panas lalu.

"Dec adalah pemain yang sangat baik, andal dan mendominasi di lini tengah," kata Mainoo. "Saat saya bermain dengannya, selalu menyenangkan memiliki seseorang yang kuat dengan bola di samping Anda."

"Semua orang tahu dia sepadan dengan setiap sen, dia pemain yang sangat baik. Dia telah membuktikannya di Liga Premier dan secara internasional.  [Bermain bersama Rice], itu memberi saya banyak kebebasan dan memungkinkan saya untuk maju dan menyerang dengan percaya bahwa dia ada di sana. Itu adalah mimpi," tuturnya.

Mainoo menghadapi persaingan ketat untuk mendapatkan tempat di samping Rice, dengan Trent Alexander-Arnold - yang memulai di lini tengah melawan Serbia - Conor Gallagher, dan Adam Wharton semuanya bersaing untuk bermain di tim Southgate.