Bagikan:

JAKARTA - Stadion Merkur Spiel-Arena di Düsseldorf akan menjadi saksi pertandingan penutup Euro 2024 pada Senin 17 Juni atau Selasa dini hari WIB, saat Austria yang sedang dalam performa terbaiknya akan menghadapi favorit juara, Prancis, di Grup D.

Sebelumnya, Austria belum pernah melampaui babak 16 besar dalam kejuaraan kontinental, sementara Prancis telah mengoleksi dua gelar namun masih memiliki beberapa kekalahan yang harus ditebus sejak tiga tahun lalu.

Pelatih Austria, Ralf Rangnick, sudah menolak kesempatan untuk menggantikan Thomas Tuchel di Bayern Munich dan meski masa jabatannya di Manchester United tidak berjalan baik. Namun, ia berhasil membawa Austria menjadi salah satu tim dengan performa terbaik di benua ini.

Austria hanya terpaut satu poin dari Belgia di kualifikasi, dengan enam kemenangan dari delapan pertandingan dan hanya kehilangan lima poin. Ini adalah penampilan keempat Austria di Euro, setelah kampanye pada tahun 2008 dan 2016 yang berakhir prematur tanpa kemenangan.

Namun, Austria akhirnya mendapatkan bintang Euro mereka pada tahun 2020, mengalahkan Makedonia Utara dan Ukraina di babak grup sebelum kalah dengan dramatis di perpanjangan waktu dari Italia yang akhirnya menjadi juara. Catatan menunjukkan bahwa Austria bisa membuat kejutan di Grup D, di mana Polandia dan Belanda juga menjadi lawan tangguh.

Sementara itu, Prancis, yang memenangkan Piala Dunia 2018 dan Liga Bangsa-Bangsa tiga tahun lalu, mengalami kekecewaan dalam dua turnamen besar terakhir. Didier Deschamps, satu-satunya orang yang masih hidup yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan manajer, tetap menjadi pelatih untuk kampanye Euro ke-11 Prancis, dengan dua gelar di tahun 1984 dan 2000.

Dalam laga ini, deberapa pemain penting Austria absen karena cedera, termasuk David Alaba dan Sasa Kalajdzic yang mengalami cedera ACL, serta Xaver Schlager yang juga absen karena masalah lutut. Namun, striker veteran Marko Arnautovic masuk dalam skuad, meski Michael Gregoritsch diharapkan akan mengisi posisi nomor sembilan dalam formasi 4-2-3-1 Rangnick.

Selain itu Stefan Posch yang baru pulih dari masalah lutut siap bermain di lini belakang, meski Gernot Trauner absen dalam latihan pada hari Jumat sebagai tindakan pencegahan.

Untuk Prancis, Kingsley Coman sempat sakit namun diperkirakan bisa bermain, begitu juga dengan Kyllian Mbappe yang mengalami benturan pada lutut dalam kemenangan persahabatan melawan Luksemburg. Aurelien Tchouameni masih dalam pemulihan dari cedera kaki, sehingga Adrien Rabiot diharapkan mengisi posisi lini tengah.

Bek Arsenal, William Saliba, yang awalnya diperkirakan tidak akan dimainkan, kini kemungkinan akan menggantikan Ibrahima Konate di bangku cadangan.

Meskipun tanpa Alaba, Austria masih menjadi tim yang sulit dikalahkan di bawah kepemimpinan Rangnick dan memiliki harapan untuk membuat kejutan awal jika melihat performa mereka belakangan ini. Namun, dengan serangan yang dinamis, tim Prancis diprediksi akan berhasil memecah pertahanan Austria dan meraih tiga poin pertama.

Pertandingan antara Prancis dan Austria di babak grup UEFA Euro 2024 akan menjadi pertemuan ketiga mereka di turnamen besar (Piala Dunia dan Euro). Kedua tim memiliki satu kemenangan masing-masing dari dua pertemuan sebelumnya, yang keduanya terjadi di Piala Dunia FIFA: pada tahun 1934 (3-2 untuk Austria) dan 1982 (1-0 untuk Prancis).

Austria hanya memenangkan satu dari sepuluh pertandingan terakhir mereka melawan Prancis di semua kompetisi (D2 L7) – sebuah kemenangan 3-1 di kualifikasi Piala Dunia FIFA di Wina pada September 2008.

Austria tampil untuk keempat kalinya di UEFA Euro, termasuk penampilan ketiga mereka secara berturut-turut. Penampilan mereka sebelumnya sebelum itu adalah pada tahun 2008, ketika mereka secara otomatis lolos sebagai tuan rumah bersama. Austria tersingkir oleh juara akhirnya Italia di babak 16 besar edisi 2020 (2-1 aet), pencapaian terbaik mereka di turnamen tersebut.

Dua kemenangan Austria di UEFA Euro (dalam 10 pertandingan) terjadi melawan Makedonia Utara dan Ukraina di edisi 2020. Mereka hanya mencetak lebih dari satu gol dalam satu kesempatan di 10 pertandingan tersebut, yaitu melawan Makedonia Utara (3-1).

Marcel Sabitzer terlibat dalam enam gol dalam tujuh penampilan selama kualifikasi UEFA Euro 2024 (4 gol, 2 assist), terbanyak di antara pemain Austria. Sabitzer juga menciptakan peluang besar terbanyak (4) dan memiliki total expected assists tertinggi (1.6) di antara pemain Austria.

Prancis mengikuti UEFA Euro untuk ke-11 kalinya, termasuk penampilan kesembilan mereka secara berturut-turut, rekor terpanjang kedua setelah Jerman (14). Hanya Jerman dan Spanyol (masing-masing 3) yang memenangkan lebih banyak Kejuaraan Eropa dibandingkan Prancis (2, pada tahun 1984 dan 2000).

Prancis mencapai final di tiga dari empat turnamen besar terakhir mereka: finalis yang kalah di Euro 2016, pemenang Piala Dunia 2018, finalis yang kalah di Piala Dunia 2022. Satu-satunya pengecualian adalah di Euro 2020 ketika mereka tersingkir oleh Swiss di babak 16 besar.

Hampir setengah dari 29 gol Prancis di kualifikasi datang dalam satu pertandingan – kemenangan 14-0 mereka melawan Gibraltar pada 18 November 2023 yang merupakan margin kemenangan terbesar dalam pertandingan kualifikasi Euro.

Sebanyak 12 gol Kylian Mbappé untuk Prancis di turnamen besar semuanya terjadi di Piala Dunia. Dalam satu-satunya penampilan Euro sebelumnya, ia gagal mencetak gol dari 14 tembakannya, dan ia juga gagal dalam tendangan penaltinya di adu penalti melawan Swiss di babak 16 besar.

Sejak Euro 2016, Antoine Griezmann dari Prancis terlibat langsung dalam lebih banyak gol (18) dibandingkan pemain Eropa lainnya di turnamen besar (Piala Dunia + Euro): 11 gol + 7 assist dalam 25 pertandingan.

Jika Didier Deschamps dari Prancis mengangkat trofi di Euro 2024, ia akan menjadi orang pertama yang memenangkan Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa baik sebagai pemain maupun pelatih kepala. Ia juga salah satu dari dua manajer di Euro 2024 yang pernah memenangkan turnamen sebagai pemain bersama Ronald Koeman pada tahun 1988.

Prediksi Susunan Pemain Austria: Pentz; Posch, Danso, Wober, Mwene; Siewald, Grillitsch; Laimer, Sabitzer, Baumgartner; Gregoritsch

Prediksi Susunan Pemain Prancis: Maignan; Kounde, Saliba, Upamecano, Hernandez; Kante, Rabiot; Dembele, Griezmann, Mbappe; Thuram