Bagikan:

JAKARTA - Usia Cristiano Ronaldo sudah 39. Namun tim nasional Portugal belum bisa lepas ketergantungan terhadap bintang Al Nassr ini. Begitu pula saat Portugal berlaga di Euro 2024.

Ronaldo melakukan debut di Piala Eropa pada 2004. Dirinya pun langsung meroket. Sayangnya, Portugal bernasib sial saja setelah di final kalah 1-0 lawan Yunani.

Ini menjadi kejutan terbesar dalam sejarah Piala Eropa. Pasalnya, Yunani merupakan tim nonunggulan yang kemudian menjadi juara untuk kali pertama dan sampai saat ini prestasi gemilang itu tak pernah bisa disamai oleh mereka.

Sementara Ronaldo akhirnya berhasil membawa Portugal mengangkat trofi pada edisi 2016. Dan, memasuki tahun ke-20 sejak melakukan debut, Ronaldo kembali memimpin Portugal di Euro 2024. Ini juga merupakan penampilan keenam dari eks bintang Manchester United ini.

Hanya saja usia Ronaldo sudah mendekati 40. Kariernya pun mulai meredup dan tak lagi bermain di Eropa sehingga menyingkir ke Arab Saudi.

Meski demikian, pelatih Portugal Roberto Martinez tetap optimistis mantan pemain Real Madrid ini masih bisa menjadi tumpuan.

"Cristiano mampu tampil konsisten di klub. Tak diragukan dia pesepak bola yang luar biasa," kata Martinez.

"Ini merupakan penampilan keenam dia di Piala Eropa. Dan, dia merupakan satu-satunya pemain yang sudah bermain di lima Piala Eropa. Jadi, kita membicarakan sosok yang unik di dunia sepak bola. Pengalaman dia sangat penting bagi kami," ujarnya lagi.

"Kami punya 23 pemain sehingga menciptakan kompetisi yang ketat. Di sini, Cristiano akan membantu tim. Dia akan memberikan segalanya untuk timnas. Tidak ada pemain di dunia sepak bola yang bisa melakukannya seperti Cristiano di ruang ganti," ucap Martinez.

Portugal melakoni dua uji coba terakhir melawan Kroasia, Sabtu, 8 Juni 2024 malam WIB. Selanjutnya, Selecao das Quinas menghadapi Irlandia, 12 Juni 2024 dini hari WIB.

Di Piala Eropa, Portugal masuk di Grup F. Mereka bersaing dengan Rep. Ceko Turki dan Georgia. Laga pertama Portugal menghadapi Ceko, 19 Juni 2024 dini hari WIB.