Bagikan:

JAKARTA - Keputusan memperketat keamanan hotel tempat pemain Timnas Indonesia menginap dilakukan PSSI. Hal ini dilakukan jelang laga uji coba internasional dan agenda Kualifikasi Piala Dunia 2025 Zona Asia.

Bukan cuma bekerja sama dengan pihak hotel, PSSI melalui Anggota Exco, Arya Sinulingga, menyebutkan ada langkah serius dengan menggandeng pihak kepolisian.

"Pengamanan (Timnas Indonesia) sudah dibuat SOP (Standar Operasional Prosedur). Di hotel pengamanan yang dilakukan bisa dicek, sangat ketat. Jadi, kami bekerja sama dengan pengamanan di hotel dan pengamanan di kepolisian," kata Arya Sinulingga dalam keterangan yang diterima pada Selasa, 28 Mei 2024.

Langkah pengamanan ketat ini diambil jelas untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para penggawa Timnas Indonesia. Soalnya, dengan tingginya animo masyarakat terhadap Skuad Garuda, saat ini perhatian terus tertuju kepada pemain.

Tak jarang para penggemar bahkan rela mendatangi hingga menunggu lama di tempat para pemain menginap demi menyaksikan idolanya. Jika waktu untuk menyapa fans terlalu sering, maka akan berdampak terhadap waktu istirahat para pemain.

Soal penjagaan ketat, Arya mengatakan bahwa saat ini baru diterapkan di sekitar hotel tempat pemain menginap. Untuk area umum lain yang kerap disambangi Timnas Indonesia, seperti bandara, masih berjalan seperti biasa.

"Sampai saat ini kami melihat belum menjadi concern karena fans yang mengejar pemain (di bandara) bisa dikatakan hanya dua sampai lima orang. Itu masih biasa."

"Kalau sampai puluhan orang, seperti artis K-Pop, bahkan ratusan, itu sih berbeda, ya. Kalau hanya dua sampai lima orang malah jangan terlalu paranoid. Jadi, itu masih biasalah," tuturnya.

Pengamanan dilakukan sebagai upaya menjaga kondisi Skuad Garuda yang bakal menjalani laga penting.

Pada Juni 2024 tim asuhan Shin Tae-yong ini dijadwalkan melakoni pertandingan uji coba internasional melawan Tanzania pada 2 Juni 2024.

Setelah itu, Skuad Garuda juga akan bertanding di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024).

Pada laga itu mereka hanya butuh satu kemenangan untuk memastikan diri lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saat ini, Timnas Indonesia menempati peringkat kedua Grup F dengan koleksi tujuh poin, terpaut lima angka dari Irak di puncak klasemen putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.