Bagikan:

JAKARTA — Pebalap Haas, Kevin Magnussen, menolak disalahkan dalam kecelakaan serius di Formula 1 (F1) Grand Prix Monaco 2024 yang berlangsung akhir pekan kemarin.

Magnussen dianggap harus mendapat hukuman dalam kecelakaan yang melibatkan Sergio Perez dan pebalap Haas lainnya, Nico Hulkenberg, di Sirkuit de Monaco, Minggu, 26 Mei 2024.

Pebalap asal Denmark tersebut dinilai terlalu memaksa menyalip sekalipun tidak mendapat ruang. Namun, ia pun bersikeras ada ruang yang bisa dia manfaatkan.

"Dari sudut pandang saya, bagian depan saya berada di bagian belakang Perez dan ketika dia membentur dinding, saya terdorong ke dinding dan melakukan kontak dengannya," kata Magnussen dikutip Crash.

Pada saat kejadian, Perez yang tengah memacu mobil balapnya di lap pertama F1 GP Monaco 2024 diapit oleh Kevin di sisi kanan dan Nico Hulkenberg di sisi lainnya.

Posisi Nico sedikit berada di belakang Sergio, sedangkan Kevin tampak berusaha menyalip dari sisi kanan sehingga terjadilah kontak ban. Kontak itu membuat mobil Perez tidak bisa dikendalikan.

Akibatnya, mobil Perez berbelok ke kanan dan terdorong terus ke tembok pembatas lintasan. Imbasnya, Nico ikut kena getah karena ban belakang Perez yang sedang terseret mengenai bannya.

Meski demikian, tidak ada pebalap yang mendapat hukuman atas kejadian ini. Penyelidikan lebih lanjut atas kejadian ini pun tidak dilakukan oleh pihak Formula 1.

Keputusan itu membuat Kepala Tim Red Bull, Christian Horner, heran. Dia mengatakan kejadian tersebut cukup serius sehingga perlu adanya penyelidikan lebih lanjut, terutama terhadap Kevin.

"Saya terkejut hal tersebut tidak diinvestigasi karena itu adalah insiden yang cukup besar. Dia (Kevin) tidak hanya merusak balapan dan mobil Perez, ia juga merusak balapan rekan setimnya," ujar dia.

Dalam kecelakaan ini, mobil Perez mengalami kerusakan paling parah. Hal itu membuat tim Red Bull mengalami kerugian sebesar 3 juta dolar AS atau setara dengan Rp48 miliar.

Seorang fotografer juga kena imbas kejadian ini dan langsung dibawa ke rumah sakit. Beruntung dia tidak mengalami cedera serius.