Bagikan:

JAKARTA – Kecelakaan yang dialami Sergio Perez di Formula 1 (F1) Grand Prix Monaco 2024 membuat tim Red Bull rugi sebanyak 3 juta dolar AS atau setara dengan Rp48 miliar.

F1 Grand Prix Monaco 2024 dihelat di Sirkuit de Monaco, pada Minggu, 26 Mei 2024. Kecelakaan yang melibatkan Perez tersebut terjadi hanya beberapa saat setelah balapan dimulai.

Penasihat Red Bull, Helmut Marko, mengatakan bahwa kecelakaan yang dialami Sergio Perez ini membuat mereka harus merogoh kocek dalam jumlah yang sangat besar.

"Ini akan menghabiskan biaya sekitar dua hingga tiga juta (dolar AS) dan dengan batas anggaran yang tentu saja menjadi kendala besar," kata Marko kepada Sky Sport Germany dikutip Crash.

Perez terlibat kecelakaan dengan duo pebalap Haas, yakni Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg. Ketiganya pun kemudian tidak bisa melanjutkan balapan.

Kejadian nahas itu terjadi ketika Magnussen berusaha menyalip Perez saat mereka melewati Tikungan 1. Namun, keduanya malah bertabrakan.

Akibat tabrakan itu, mobil yang dikendarai Perez pun berputar-putar masuk ke jalur mobil Haas milik Nico Hulkenberg. Di antara ketiganya, mobil Perez mengalami kerusakan paling parah.

"Syukurlah semuanya berakhir dengan baik, tetapi itu adalah situasi yang kritis. Namun, saya terkejut melihat betapa cepatnya para petugas menangani masalah ini," ujar Marko.

Selain kerugian uang, akhir pekan yang buruk ini membuat poin Red Bull yang unggul atas Ferrari dalam klasemen konstruktor berkurang hanya menjadi 24 poin.

Meski demikian, tim itu beruntung karena pebalap mereka, Perez, yang saat ini duduk di posisi kelima klasemen pebalap, tidak mengalami cedera serius.