Bagikan:

JAKARTA -Boston Celtics berhasil menyapu bersih kemenangan atas Indiana Pacers 4-0, dalam empat pertandingan untuk melaju ke Final NBA.  Celtics  menang dramatis 105-102 pada laga terakhir di Indianapolis, Senin malam 27 Mei atau Selasa pagi WIB. Derrick White menjadi pahlawan dengan mencetak tiga poin krusial pada menit akhir.

White, yang hanya berhasil mencetak satu dari delapan percobaan tiga poin sebelumnya, menemukan dirinya terbuka di sudut kanan lapangan pada menit terakhir pertandingan. Jaylen Brown, yang memegang bola, memberikan umpan akurat kepada White yang kemudian menembak dengan percaya diri.

"Saya hanya mempercayai bahwa JB akan membuat keputusan yang tepat seperti yang telah dia lakukan sepanjang tahun ini," kata White. "Saya mendapatkan pandangan yang bagus dan ingin tetap fokus serta mencetak poin."

Pelatih Boston, Joe Mazzulla, memuji ketenangan White. "Ini adalah kredit untuknya. Dia adalah pemain yang memiliki ingatan jangka pendek. Tembakan terakhir yang meleset tidak mengganggunya, dia bermain dengan kehadiran yang tenang," ujar Mazzulla.

Jaylen Brown menjadi MVP seri ini dengan mencetak 29 poin, sementara Jayson Tatum menambahkan 26 poin, 13 rebound, dan delapan assist. Celtics berhasil mencapai Final NBA untuk kedua kalinya dalam tiga musim terakhir.

"Ini benar-benar perjuangan," kata Brown. "Kami tidak melewatkan satu langkah pun sepanjang musim. Kami memiliki banyak pemain hebat di ruang ganti ini. Kami memiliki banyak pemain tangguh dan staf pelatih serta manajemen kami telah luar biasa. Sekarang kami ingin melangkah ke tingkat berikutnya."

Andrew Nembhard dari Pacers mencetak 24 poin dan 10 assist, namun upaya itu belum cukup untuk menghindarkan Pacers dari kekalahan di final Wilayah Timur untuk kedelapan kalinya dalam sembilan perjalanan mereka. Satu-satunya kemenangan Indiana di final Wilayah Timur adalah melawan New York Knicks pada tahun 2000.

Boston mampu mengatasi defisit sembilan poin di kuarter keempat dan bermain lebih baik di akhir pertandingan. Kesalahan pertahanan oleh Pacers meninggalkan White berdiri sendirian di sudut kanan pada tembakan penentu. Brown melihatnya dan memberikan umpan akurat, yang diselesaikan White dengan sempurna.

Nembhard gagal mencetak tiga poin dengan 33,6 detik tersisa dan Tatum mendapatkan rebound. Indiana memutuskan untuk tidak melakukan pelanggaran, dan Tatum gagal mencetak tiga poin dengan 8,3 detik tersisa. Namun, Jrue Holiday mampu merebut rebound ofensif dengan 4,7 detik tersisa, dan Celtics menghabiskan waktu untuk memastikan kemenangan.

Ini adalah kemenangan comeback kedua berturut-turut Boston di Indianapolis. Celtics mengatasi defisit delapan poin dengan 2:38 tersisa di Game 3 untuk meraih kemenangan 114-111. Boston tertinggal hingga 18 poin dalam pertandingan itu.

"Kami tidak pernah menyerah," kata Tatum. "Ini adalah beberapa pertandingan yang sulit, dan kami selalu menemukan cara untuk menyelesaikannya. Ini adalah pemain yang berbeda setiap malam dan kami berkorban untuk mencapai tujuan utama kami."

Holiday mencetak 17 poin dan sembilan rebound dan White menambahkan 16 poin, lima steal, dan tiga blok untuk Celtics, yang akan menghadapi Dallas Mavericks atau Minnesota Timberwolves di Final.

Pascal Siakam mencetak 19 poin dan 10 rebound dan T.J. McConnell menambahkan 15 poin untuk Indiana. Aaron Nesmith mencetak 14 poin dan Obi Toppin menambahkan 12 poin. Bintang Pacers, Tyrese Haliburton, absen untuk kedua kalinya secara berturut-turut karena cedera hamstring.

"Tingkat perjuangan mereka luar biasa sepanjang pertandingan ini," kata pelatih Indiana, Rick Carlisle tentang timnya. "Keadaan tidak pernah mengganggu mereka. Mereka berusaha memenangkan setiap penguasaan bola dan setiap pertandingan yang mereka bisa. Banyak rasa hormat untuk pemain kami dan bagaimana mereka bersikap dalam seri ini."

Celtics mencetak 44,9 persen dari tembakan mereka, termasuk 14 dari 44 dari jarak tiga poin. Indiana mencetak 46 persen dari tembakan mereka dan 10 dari 29 dari belakang busur.

McConnell mencetak enam poin dalam 64 detik awal kuarter keempat untuk memberi Pacers keunggulan 89-82. Permainan tiga poin oleh Nembhard membuatnya menjadi 94-85 dengan 8:57 tersisa. Setelah Boston mendekat empat poin, Nesmith membuat dua basket berturut-turut untuk memberi Indiana keunggulan 98-90 dengan 5:56 tersisa. Celtics menjawab dengan lari 8-2, mendekat menjadi 100-98 pada permainan tiga poin Holiday dengan 3:54 tersisa. Tembakan runner Brown menyamakan skor menjadi 102 dengan 2:40 tersisa.

Tatum mencetak 16 poin sebelum paruh waktu saat Boston memimpin 58-57 pada jeda. Nembhard juga mencetak 16 poin di babak pertama. Pacers memimpin 83-80 memasuki kuarter terakhir tetapi dikalahkan oleh Boston di akhir pertandingan untuk ketiga kalinya dalam seri ini. Indiana kalah di Game 1 dalam perpanjangan waktu.

"Ini sulit karena saya pikir ketika Anda melihat semua pertandingan itu, kami berada di sana," kata Siakam. "Rasanya sakit dan sulit karena saya tahu betapa keras kami bekerja. Ini adalah kekalahan yang menyakitkan setelah kekalahan yang menyakitkan. ... Tidak peduli seberapa baik kami bermain. Kami tidak menyelesaikannya."