Bagikan:

JAKARTA - Garuda Indonesia, maskapai penerbangan nasional, semakin memperkuat komitmennya dalam mendukung berbagai agenda nasional. Kali ini, dukungan tersebut diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Acara ini berlangsung pada hari Senin 27 Mei di Hanggar 2 GMF AeroAsia, di mana Garuda Indonesia secara resmi menjadi Official Airline KONI untuk berbagai event olahraga nasional dengan masa perjanjian hingga 13 Mei 2028.

Melalui kerja sama ini, Garuda Indonesia akan mengangkut sekitar 12 ribu penumpang yang terdiri dari pengurus, atlet, kontingen, delegasi, dan official dari 38 provinsi serta 65 induk cabang olahraga di bawah naungan KONI. Selain itu, Garuda Indonesia juga menjadi Official Airline pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan diadakan di Aceh dan Sumatera Utara pada 8-20 September 2024.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyatakan bahwa penandatanganan kerja sama dengan KONI ini adalah inisiatif berkelanjutan untuk memajukan sektor olahraga nasional. "Kami memahami bahwa olahraga adalah sektor yang berkontribusi besar mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. Tentunya, kami bangga dapat berpartisipasi aktif dalam memajukan sektor olahraga bersama KONI," ujar Irfan dalam keterangan tertulisnya.

Irfan juga menambahkan bahwa kondisi bonus demografi yang sedang dihadapi Indonesia menjadi momentum penting. "Penyelenggaraan berbagai event olahraga oleh KONI seperti PON akan melahirkan bibit unggul di berbagai cabang olahraga yang dapat dibina menjadi atlet berprestasi di level internasional," jelasnya.

Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, menyampaikan bahwa kerja sama ini memerlukan koordinasi yang detail antara KONI Pusat dengan Garuda Indonesia. "Kehadiran Garuda Indonesia diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah transportasi udara bagi kontingen yang disiapkan oleh KONI," kata Marciano. Ia juga berharap Citilink dapat membantu penyelenggaraan PON XXI di daerah-daerah yang tidak dilayani oleh Garuda Indonesia.

Dalam perjanjian ini, Garuda Indonesia menawarkan berbagai benefit untuk para pelaku olahraga nasional. Di antaranya, diskon 15% untuk rute domestik dan 20% untuk rute internasional, tambahan bagasi hingga 5 kg, serta bagasi untuk peralatan olahraga mencapai 23 kg. Garuda Indonesia juga menyediakan konter check-in khusus, dedicated PIC, head rest cover, dan penawaran harga khusus untuk material promosi yang akan ditampilkan pada livery pesawat dan in-flight magazine Garuda Indonesia.

"Dukungan Garuda Indonesia melalui layanan penerbangan yang aman dan nyaman diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan event olahraga di Indonesia. Hal ini akan memberikan efek domino jangka panjang berupa munculnya pemuda-pemudi berprestasi di sektor olahraga," tutup Irfan Surya Putra usai menandatangi MoU dengan Ketum KONI Pusat.