Bagikan:

JAKARTA - Maskapai Garuda Indonesia menargetkan akan menerbangkan sebanyak 7.000 pekerja migran ke Seoul, Korea Selatan (Korsel) di tahun 2022.

Garuda pada hari ini telah menerbangkan sedikitnya 187 Pekerja Migran Indonesia (PMI) menuju Seoul, Korea Selatan, dengan mengoperasikan armada Airbus A330-300 bernomor penerbangan GA 878 yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 23.10 waktu setempat.

Pesawat akan tiba di Incheon International Airport besok pukul 08.30 waktu setempat.

"Penerbangan khusus bagi PMI ini merupakan bagian dari kerja sama strategis Garuda sebagai official airline BP2MI dalam rangka mendukung kesuksesan program dan kegiatan BP2MI khususnya program government to government ke Korea Selatan melalui penyediaan fasilitas perjalanan udara internasional yang aman dan nyaman baik untuk pegawai BP2MI termasuk bagi mobilitas PMI menuju negara tujuan penempatan," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra melalui keterangan tertulis, Senin 6 Juni.

Irfan berharap, pengiriman PMI ke Korea akan terus bertambah sejalan dengan pelonggaran persyaratan perjalanan internasional di sejumlah negara, termasuk Korea Selatan yang secara resmi membuka kedatangan internasional beberapa waktu lalu.

Penerbangan ini merupakan implementasi dari penandatanganan nota kesepahaman corporate privilege Garuda Indonesia dengan BP2MI pada bulan Maret.

Kesepakatan tersebut fokus terhadap beberapa aspek layanan yaitu pemberian harga khusus untuk rute Seoul, layanan fleksibilitas untuk perubahan tiket, serta layanan penerbangan penunjang oleh Garuda Indonesia Group.

"Kami terus mengembangkan potensi kerja sama lainnya yang dapat mendukung program berkelanjutan dari BP2MI untuk keberhasilan dari para PMI di negara tujuan, termasuk melalui penyediaan layanan penerbangan kargo dan carter untuk memastikan mandat dari pemerintah utamanya terkait dengan aktivitas pengiriman PMI dapat berlangsung lancar," pungkas Irfan.