Bagikan:

JAKARTA - Boston Celtics memenangi NBA Final Wilayah Timur (Eastern Conference Finals) dengan skor 4-0 kontra Indiana Pacers.

Kemenangan Celtics pada gim keempat terjadi di kandang Pacers, Gainbridge Fieldhouse, Selasa, 28 Mei 2024, pagi WIB.

Celtics menutup gim keempat dengan kemenangan dramatis 105-102. Jayson Tatum dan kolega sempat memimpin di kuarter pertama dengan selisih satu bola, 29-27.

Mereka kemudian tertinggal di kuarter kedua dan ketiga. Beruntung, pada pengujung kuarter keempat, mereka membalikkan keadaan.

Three point Derrick White saat waktu tersisa 43 detik membuat mereka unggul 105-102 dan bertahan hingga usai.

"Tembakan hebat. Kami mengerjakannya sepanjang waktu, pembacaan dua lawan satu," kata Jaylen Brown setelah mencetak 29 poin, enam rebound, dan memblokir tembakan kunci dengan sisa waktu 65 detik untuk mempertahankan keunggulan.

"Sebelumnya, saya mengatakan kepada White untuk tetap siap dan itu adalah peluang besar, peluang besar untuk mengirim kami ke final," ujarnya lagi.

White hanya mencetak 16 poin. Satu-satunya tembakan three point sukses dari sudut malah menjadi penentu kemenangan dari delapan percobaan. White memberikan tembakan yang akan dikenang selamanya di Boston.

Celtics kini mengejar gelar NBA ke-18 dalam sejarah. Mereka akan menghadapi pemenang antara Dallas dan Minnesota di NBA Finals musim ini.

"Kami merasa percaya diri, kami merasa nyaman dalam jenis permainan apa pun. Kami merasa kami punya jawaban untuk apa pun. Kami harus menemukan yang tepat," tutur White di laman resmi NBA.

Tiga aksi penting Celtics menjadi penentu kemenangan di gim keempat ini. Dunk Jayson Tatum saat waktu tersisa 3 menit 12 detik menjadi titik balik Celtics karena skor menjadi sama 100-100.

Jaylen Brown kemudian membuat Boston Celtics unggul satu bola dengan tembakan jarak dekatnya saat waktu tersisa 2 menit 40 deitk. Poin sempat kembali seri 102-102.

White kemudian membenamkan asa Pacers untuk membuka peluang memperpanjang gim Final Wilayah Timur. Tembakan tiga angkanya gagal terkejar lagi.

"Mereka berjuang keras melawan kami. Mereka punya harga diri sebagai sebuah tim. Mereka tidak mau menyerah," kata Tatum.

"Saya tahu kami akan mendapatkannya. Itu adalah hal yang besar waktu yang tepat," tuturnya lagi.

Sejauh ini, Dallas Mavericks diunggulkan sebagai lawan Celtics di NBA Finals 2023/2024.

Mereka sudah unggul 3-0 atas Minnesota Timberwolves. Laga penentuan Maverics vs Timberwolves akan tersaji pada Rabu, 29 Mei 2024.