Bagikan:

 

JAKARTA - Jayson Tatum mencetak 31 poin dan Jaylen Brown menambahkan 30 poin saat Boston Celtics berhasil menahan kebangkitan Dallas Mavericks dengan kemenangan 106-99 pada Rabu malam 12 Juni atau Kamis pagi WIB, di Game 3 Final NBA. Dengan memimpin 3-0 dalam seri ini, Boston hanya butuh satu kemenangan lagi untuk meraih gelar ke-18 dalam sejarah franchise mereka. Celtics berkesempatan untuk menyapu bersih Mavericks pada Game 4 yang akan digelar di Dallas pada Jumat, 14 Juni.

Tatum bangkit kembali setelah hanya mencetak total 34 poin di Game 1 dan 2. Brown juga mencatatkan delapan rebound dan delapan assist untuk Boston, yang juga mendapatkan 16 poin dari Derrick White. Pemain besar Kristaps Porzingis (cedera kaki bawah) tidak bermain setelah cedera di kuarter ketiga Game 2.

Seperti Tatum, Kyrie Irving juga membayar penampilan kurang memuaskan di dua game pertama dengan mencetak 35 poin, tertinggi dalam pertandingan tersebut. Luka Doncic menyumbang 27 poin, enam rebound, dan enam assist, namun dia memberikan pukulan kritis bagi harapan comeback Dallas dengan terkena foul out pada 4:12 tersisa dalam pertandingan.

Mavericks mengajukan tantangan terhadap pelanggaran pada Doncic, namun keputusan tetap berlaku, memaksanya keluar dari pertandingan.

Tampaknya permainan berakhir ketika White memasukkan tembakan tiga angka dengan waktu 11:07 tersisa di kuarter keempat yang membuat Celtics unggul 91-70. Namun, Dallas kemudian bangkit dengan mencetak 28 dari 37 poin berikutnya untuk mendekatkan skor menjadi 100-98 setelah dunk Dereck Lively II saat waktu 1:20 tersisa.

Brown memastikan Boston tidak pernah membiarkan Mavericks menyamakan skor, dengan tembakan jarak menengahnya dari atas kunci membuat Celtics unggul empat poin dengan waktu 1:01 tersisa. P.J. Washington dan Irving sama-sama gagal dalam upaya tembakan tiga angka pada detik-detik akhir sebelum dua lemparan bebas dari White dan dua lagi dari Tatum memastikan kemenangan Celtics.

Layup dari Doncic membuat Mavericks mendekat dalam selisih enam poin, 71-65, dengan waktu 5:11 tersisa di kuarter ketiga. Celtics menjawab dengan serangkaian tujuh poin tanpa balas dan kemudian memimpin 85-70 memasuki kuarter keempat.

Setelah Dallas memimpin sebanyak 13 poin di 12 menit pembukaan, tidak ada tim yang memimpin lebih dari empat poin di kuarter kedua. Babak pertama berakhir dengan Mavericks memimpin tipis 51-50 berkat 20 poin dari Irving.

Dalam laga kali ini, Boston mencatat persentase tembakan lebih baik dari Dallas dengan 46,3 persen berbanding 44,2 persen sepanjang pertandingan.