Brooklyn Nets Depak Steve Nash, Lirik Pelatih Boston Celtics yang Tengah Disanksi
Mantan pelatih Brooklyn Nets, Steve Nash. (Foto: Instagram/@stevenash)

Bagikan:

JAKARTA - Keputusan besar diambil Brooklyn Nets di awal musim NBA 2022-2023. Steve Nash didepak dari kursi pelatih.

Nash dianggap gagal memperbaiki kinerja tim yang terpuruk di dasar klasemen wilayah timur. Posisinya sudah terancam sejak kekalahan 1116-125 saat menjamu Indiana Pacers, Sabtu lalu.

Pada Selasa, 1 November, waktu Amerika, Nets mengumumkan penghentian kerja sama dengan Nash. Masa bakti legenda Phoenix Suns tersebut hanya bertahan selama dua tahun saja.

"Kami ingin berterima kasih kepada Steve untuk semua yang dia lakukan selama dua musim terakhir," ujar manajer umum Nets, Sean Marks, dalam sebuah pernyataan yang dikutip via Antara, Rabu, 2 November.

Marks mengatakan, ini merupakan keputusan yang sulit. Namun, langkah ini harus diambil setelah melalui beberapa pertimbangan dan evaluasi.

"Kami sepakat bahwa dibutuhkan perubahan saat ini," kata Marks.

Kabarnya, Nets tengah melirik Ime Udoka untuk menggantikan Nash. Udoka merupakan pelatih kepala Boston Celtics, tapi tengah menjalani sanksi dari klub.

Celtics dilaporkan sudah mempersilakan Nets menggaet pelatihnya itu. Bahkan, mereka tak akan meminta kompensasi apapun.

Udoka sebenarnya punya prestasi gemilang di lapangan. Saat menjalani debutnya sebagai pelatih kepala pada tahun lalu, mantan asisten Gregg Popovich untuk sukses membawa Celtics melangkah ke final NBA.

Sayang, catatan itu ternoda dengan perilakunya di luar lapangan. Dia mendapatkan sanksi karena diduga melakukan hubungan seks konsensual dengan salah seorang staf Celtics.