Bagikan:

JAKARTA — Harapan AC Milan untuk bertahan di Liga Champions Eropa 2022/2023 akan diganggu RB Salzburg di laga terakhir penyisihan Grup E di Stadion San Siro, Italia, Kamis, 3 November dini hari nanti WIB.

Dari grup tersebut satu tiket sudah didapat oleh Chelsea. Raksasa asal London itu sampai saat ini masih memuncaki klasemen dengan koleksi sepuluh poin dan akan berusaha memperkuat tempat mereka di laga terakhir melawan Dinamo Zagreb.

Sementara itu, satu tiket tersisa akan diperjuangkan oleh Rossoneri dan Salzburg, yang kebetulan bersua di laga terakhir. Saat ini Milan menempati posisi kedua grup dengan koleksi tujuh poin atau cuma unggul satu poin saja dari Salzburg.

Untuk itu, Milan cuma membutuhkan hasil imbang untuk maju ke babak gugur. Tambahan satu angka sudah pasti membuat raksasa Italia yang memegang tujuh gelar di kompetisi itu lolos sebagai runner up.

Milan memainkan laga ini dengan motivasi besar setelah sembilan tahun mereka tidak pernah lolos ke babak gugur. Selain itu, mereka juga akan memburu kemenangan beruntun di Liga Champions Eropa sejak 2011.

Milan menjalani penyisihan grup yang tidak begitu memuaskan musim ini. Mereka membuka kampanye dengan hasil seri melawan Salzburg, menyusul kemenangan melawan Dinamo Zagreb sebelum kalah di tangan Chelsea dua kali.

Anak asuh Stefano Pioli kemudian bangkit di pekan kelima saat kembali berhadapan dengan Zagreb. Mereka sukses menggilas lawan empat gol tanpa balas saat berkunjung ke Red Bull Arena pekan kemarin.

Di sisi lain, Die Roten Bullen yang datang sebagai tim tamu juga memiliki tujuan untuk mencapai babak sistem gugur untuk musim kedua berturut-turut setelah gagal melewati fase grup di salah satu dari tiga kampanye mereka sebelumnya.

Namun, tampil di San Siro tidak akan mudah bagi sang juara Liga Austria itu. Terutama mereka baru saja berada dalam posisi yang buruk setelah menerima kekalahan 1-2 melawan Chelsea di pertandingan pekan kelima penyisihan grup kemarin.

Itu adalah satu-satunya kekalahan mereka di babak grup sejauh ini. Sebelum kekalahan itu, Salzburg juga menorehkan hasil memuaskan dengan catatan tidak pernah kalah dalam 16 pertandingan sebelumnya.

Usai menderita di tangan Chelsea, skuad asuhan Matthias Jaissle langsung bangit di kompetisi liga melawan Hartberg. Kemenangan lewat satu-satunya gol dari Noah Okafor di laga itu menjadi modal terbaik mengunjungi San Siro.

Perkiraan Formasi:

AC Milan (4-2-3-1): Tatarusanu; Kalulu, Tomori, Kjaer, Hernandez; Tonali, Bennacer; Rebic, Diaz, Leao; Giroud.

Pelatih: Stefano Pioli

Red Bull Salzburg (4-1-3-2): Kohn; Dedic, Pavlovic, Wober, Ulmer; Gourna-Douath; Seiwald, Sucic, Kjaergaard; Okafor, Sesko

Pelatih: Matthias Jaissle