Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Real Madrid Toni Kroos bakal pensiun. Lewat Instagram, Kroos mengumumkan gantung sepatu usai Euro 2024.

Pelatih Madrid Carlo Ancelotti masih bimbang apakah mempertahankan Kroos atau mendukung langkah klub melepas pada pemain veteran.

Madrid memang tidak akan memperpanjang kontrak Luka Modric, kolega Kroos, yang juga salah satu pemain yang sangat dihormati di ruang ganti. Kapten Nacho Fernandez pun bakal dilepas Los Merengues.

Saat Ancelotti masih dilanda ketidakpastian, Kroos sudah memberi jawaban tegas. Dirinya bakal pensiun selepas Piala Eropa. Kroos memang tidak ingin meninggalkan gelandang sepak bola saat sudah tak dibutuhkan lagi.

Dia ingin menutup karier seperti karakter khas permainan gelandang berusia 34 ini, yaitu mundur di saat yang tepat, sepenuhnya dalam kontrol dia.

Dan, Kroos sendiri yang memutuskannya. Sedikit pesepak bola yang bisa melakukannya. Saat Kroos pensiun itu adalah sepenuhnya keputusan dia dengan pertimbangan yang matang.

Laga final Liga Champions melawan Borussia Dortmund menjadi yang terakhir bagi Kroos di Madrid. Usai Liga Champions, dirinya masih akan memperkuat Jerman di Euro 2024 yang digelar di negara sendiri.

"Karier saya sebagai pesepak bola aktif akan berakhir setelah Piala Eropa. Seperti yang saya katakan: Real Madrid adalah dan akan menjadi klub terakhir saya," kata Kroos di akun Instagram.

"Pada 17 Juli 2014 adalah hari pada saat saya diperkenalkan di Real Madrid. Hari yang mengubah hidup saya. Kehidupan saya sebagai pesepak bola, dan khususnya sebaga pribadi," ujar dia.

Kroos yang membawa Jerman menjadi juara di Piala Duia 2014 ini tak memperkirakan bisa bertahan lama di klub terbesar di muka bumi ini. Bahkan dia menghabiskan karier selama 10 tahun bermain di level tertinggi.

"Saya memulai babak baru di klub terbesar di dunia. Setelah 10 tahun, bagian dari akhir itu sudah tiba. Saya tidak akan pernah melupakan dekade yang penuh sukses dan sangat mengesankan," ucapnya.

Kroos sudah bermain 463 kali sejak bergabung dengan Los Blancos pada 2014 atau usai membawa Jerman memenangi Piala Dunia. Dirinya pun mengukuhkan sebagai salah satu pemain paling menonjol selama 120 tahun sejarah klub.

Pemain yang memiliki caps 107 ini memenangi lebih dari 20 trofi, termasuk empat kali juara Liga Champions. Pada tahun terakhir di Madrid, dia membawanya memenangi La Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol. Kroos berpeluang memenangi Liga Champions untuk ke lima kalinya bersama Madrid.

Saat masih bermain di Bayern Munchen, dia juga membawa raksasa Bundesliga Jerman itu memenangi Liga Champions.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada siapa pun yang telah menyambut saya dengan hangat dan menerima saya sepenuhnya," ujar dia.

"Saya secara khusus berterima kasih kepada kalian, suporter, Madridistas, atas dukungan dan cinta kalian sejak hari pertama saya tiba hingga hari terakhir," katanya.

Madrid pun mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kontribusi Kroos untuk klub. "Toni Kroos selamanya di hati Madridistas atas sumbangannya yang ekselen di sepak bola. Dia sudah memberikan segalanya bagi klub dan selalu menunjukkan nilai-nilai dari Real Madrid," demikian pernyataan resmi klub tentang Kroos.