Bagikan:

JAKARTA – TikTok menyadari bahwa platformnya sering digunakan sebagai sarana untuk berbagi informasi. Dari banyaknya topik yang dibagikan di TikTok, salah satu topik yang cukup banyak dibicarakan adalah kuliner.

Besarnya minat pengguna TikTok dalam membicarakan kuliner terlihat dari tiga tagar yang populer. Disampaikan oleh Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia Faris Mufid, tiga tagar terpopuler di TikTok adalah JajananViral, SerunyaKuliner, dan MakananViral.

Tagar pertama digunakan di 250 ribu unggahan dan tayangannya mencapai 5 miliar, diikuti dengan tagar SerunyaKuliner yang digunakan di 7 ribu unggahan dan mendapatkan 1,2 miliar tayangan. Terakhir, tagar MakananViral digunakan di 40 ribu unggahan dan menerima 557 juta tayangan.

Melihat besarnya antusias masyarakat dalam membicarakan kuliner, TikTok menyadari bahwa ada potensi besar di bidang kuliner. Oleh karena itu, TikTok menggelar festival kuliner pertama yang didukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan tajuk FoodFestOnTikTok.

"Dari tiga tagar tadi, makanya kami melihat, 'Oh, ada potensi besar dari sisi kuliner makanan.' Makanya kami membawa kampanye terbaru kami FoodFestOnTikTok, program spesial dari kami untuk merayakan semaraknya dunia kuliner di Indonesia," kata Farid.

FestFoodOnTikTok merupakan program kuliner yang diselenggarakan secara off-site dan on-site. Ada dua kegiatan yang digerakkan secara on-site, yaitu challenge FestFoodOnTikTok dengan mengunggah video dan peluncuran hub khusus FestFoodOnTikTok.

Hub dengan tagar ini akan menampilkan rekomendasi kuliner menarik di seluruh Indonesia dan hub ini sudah diluncurkan sejak 6 Mei lalu. Farid mengatakan bahwa seluruh video di hub ini sudah ditonton lebih dari 82 juta kali sejak pertama kali diluncurkan.

Sementara itu, TikTok akan membagikan hadiah sebesar Rp7,5 juta untuk 3 pemenang challenge. Untuk mengikuti challenge-nya, pengguna TikTok harus mengunggah video dengan durasi minimal 60 detik, menambahkan tagar FestFoodOnTikTok, dan menambahkan fitur lokasi.

"Nah, kita juga ada fitur baru tag lokasi. Jadi, ini untuk mempermudah pengguna-pengguna lainnya apabila ingin mencari rekomendasi kuliner," jelas Farid. "Biar mempermudah untuk menemukan rekomendasi-rekomendasi hidden game yang teman-teman upload."

Untuk versi off-site dari kampanye kuliner TikTok, platform itu akan menggelar festival kuliner di Lapangan Banteng selama dua hari, yaitu pada 25 dan 26 Mei mendatang. Acara ini akan menghadirkan lebih dari 80 kuliner, lebih dari 20 zona experience, hingga talk show.

BACA JUGA:


Acara ini mendapatkan dukungan langsung dari Dinas PPUKM Provinsi DKI Jakarta. Diwakili oleh Bagia Raja Siregar, Ketua Sub Kelompok Pemasaran Dinas PPUKM, pemerintah DKI Jakarta mendukung acara yang diselenggarakan oleh TikTok karena potensinya.

Menurutnya, era digital memang tidak bisa dihindari dan TikTok memang sudah menjadi platform promosi secara masif untuk mengoptimalkan banyak hal, termasuk kuliner. Oleh karena itu, pihak Dinas PPUKM mendukung penuh festival kuliner yang diselenggarakan TikTok.

"Jadi kami ingin mencoba berkolaborasi dengan TikTok karena kami menyadari potensi TikTok Itu untuk menciptakan peluang baru bagi usaha kecil dalam hal promosi dan juga dalam hal untuk menyadarkan penyebaran kesadaran sosial untuk produk makanan," kata Bagia.