Bagikan:

JAKARTA - Para veteran sudah pensiun dari tim nasional Jerman. Tidak ada lagi kapten sekaligus kiper Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan. Namun wajah baru Jerman tetap lapar sukses.

Neuer menutup karier internasional dengan kegagalan di Euro 2024 yang digelar di kandang sendiri. Ya, Jerman hanya mampu bertahan hingga perempat fnal sebelum disingkirkan Spanyol yang kemudian menjadi juara.

Sebelumnya, Die Mannschaft juga memetik hasil mengecewakan di Piala Dunia 2018 dan 2022 saat mereka sudah tersingkir di penyisihan grup. Sedangkan di Piala Eropa, Jerman tak pernah lagi meraih sukses setelah menjadi juara di Euro 1996

Tidak hanya Neuer tetapi juga koleganya di Bayern Munchen, Thomas Mueller yang memutuskan pensiun. Selain itu, Gundogan dan Toni Kroos turut meninggalkan timnas. Bahkan Kroos sudah sepenuhnya gantung sepatu. Dia tak kembali ke Real Madrid maupun tim Jerman.

Kini, Jerman bakal tampil dengan wajah baru. Kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen sudah pasti menjadi pilihan pertama pelatih Julian Nagelsmann di bawah mistar setelah lama hanya menghangatkan bangku cadangan.

Sementara, gelandang Bayern Joshua Kimmich ditetapkan sebagai kapten meggantikan Neuer. Kimmich yang berusia 31, kini, menjadi salah satu pemain senior di skuat Jerman.

Striker Niclas Fuellkrug menuturkan kepergian para veteran yang pensiun memberi keuntungan bagi pemain baru dan rata-rata masih muda. Pasukan baru Jerman ini akan diuji pada dua pertandingan UEFA Nations League. Bertarung di League 1 Grup 3, Kai Havertz dkk menghadapi tamunya Hongaria dan kemudian menyambangi rival bebuyutan Belanda.

"Kami kehilangan para pemain yang sarat pengalaman secara luar biasa dan pernah meraih sukses. Seperti Jo (Kimmich) katakan bahwa kami sudah tak punya lagi tim juara dunia lagi," kata Fuellkrug.

"Ini memang menjadi kerugian. Tetapi kami ingin mengubahnya menjadi sebuah keuntungan. Kami mungkin merupakan tim yang minim pengalaman. Namun kami merupakan tim yang lapar dan haus akan kesuksesan," ucapnya.

Menurut Fuellkrug tim yang belum pernah memenangkan trofi apa pun 'bakal termotivasi meraih sukses dibandingkan tim yang sudah pernah melakukannya'.

Meski demikian, eks striker Borussia Dortmund yang musim ini bermain di West Ham United itu mengakui tim kehilangan para senior, salah satunya Mueller. Pemain berkarakter dan sudah pasti banyak bicara.

"Saat dia masuk ruang [ganti], semua sudah tahu siapa yang datang. Namun sejak dia pergi, kini suasananya jadi sepi," kata Fuellkrug tersenyum. "Kami merindukan dia," ucapnya lagi.

Nagelsmann memang melakukan perombakan pada skuat setelah kegagalan Jerman di Euro 2024. Apalagi, par senior sudah pensiun dari timnas.