Menang Lawan Brighton, Liverpool Rebut Posisi Puncak Klasemen
Pemain depan Liverpool Luis Diaz merayakan gol di pertandingan melawan Brighton and Hove Albion. (X/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool merebut posisi puncak klasemen setelah mengalahkan Brighton and Hove Albion 2-1 di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Anfield, Minggu, 31 Maret 2024 malam WIB.

Perburuan titel Premier League kian panas dan ketat saat memasuki pekan-pekan krusial. Liverpool berhasil menduduki takhta klasemen dengan menggeser Arsenal setelah meraih kemenangan penting atas Brighton.

Di laga itu, Liverpool sempat kecolongan lewat gol cepat. Namun The Reds mampu membalikkan keadaan saat Luis Diaz dan Mohamed Salah mencetak gol di laga tersebut.

Kemenangan atas Brighton menjadikan Liverpool mengantungi poin 67. Mereka pun unggul tiga poin dengan Arsenal yang turun ke peringkat dua.

Namun Arsenal akan merebut kembali posisi itu bila mengalahkan Manchester City dalam duel di Etihad beberapa jam kemudian.

Bila Man City yang menang, maka Liverpool bakal tetap bertengger di puncak. Pasalnya The Cityzens yang memiliki poin 63 sudah tertinggal empat poin dari Liverpool.

Hanya saja, laga di pekan ke-29 ini belum bisa menentukan siapa yang bakal menjadi juara liga. Ketiga tim tetap akan saling jegal dan tak ingin kehilangan poin saat menghadapi lawan-lawannya.

Sementara, Brighton masih tertahan di papan tengah klasemen. Mereka menduduki peringkat sembilan dengan memiliki poin 42.

Dalam duel itu, Brighton sempat mengejutkan Liverpool. Pertandingan baru berjalan tiga menit, The Seagulls sudah bisa membobol gawang tuan rumah.

Gol tidak terlepas dari blunder bek Virgil van Dijk yang bisa dimanfaatkan striker Danny Welbeck. Mantan penyerang Manchester United ini menyambut bila liar untuk menaklukkan kiper Caoimhin Kelleher.

Namun Liverpool berhasil bangkit. Mereka langsung merespons dengan bermain menyerang untuk menekan pertahanan Brighton.

Usaha tim asuhan Jurgen Klopp pun tak sia-sia. Kali ini, pemain tim tamu Joel Veltman yang melakukan kesalahan sehingga memberi peluang bagi Luis Diaz untuk mencetak gol di menit 27.

Dirinya memanfaatkan bola liar untuk mengubah skor menjadi 1-1. Hanya wasit David Coote sempat meninjau gol itu lewat VAR.

Hasilnya tidak ada pelanggaran dan gol Diaz tetap sah. Skor imbang itu bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Liverpool mengambil inisiatif menyerang. Hanya serangan mereka tak pernah membuahkan hasil karena pertahanan kokoh Brighton.

Namun kesabaran pemain Liverpool akhirnya membuahkan hasil. Pemain depan Mohamed Salah sukses membobol gawang lawan di menit 65. Dirinya menyelesaikan assist dari Alexis Mac Allister untuk menuntaskan gol.

Skor 2-1 untuk Liverpool. Tidak ada lagi gol yang tercipta dan Liverpool menutup laga dengan kemenangan yang mengantarkan mereka ke puncak klasemen.