Bagikan:

JAKARTA - Manchester City tak perlu berlama-lama melengserkan Lverpool. Man City sukses mengudeta dan merebut takhta klasemen Premier League Inggris setelah menang 2-1 atas Brighton and Hove Albion di Stadion Etihad, Sabtu, 21 Oktober malam WIB.

Saling sikut dan geser terjadi di papan atas klasemen sementara. Liverpool sempat merebut posisi puncak yang dikuasai Tottenham Hotspur setelah menghajar Everton 2-0 dalam Merseyside Derby.

Namun The Pool hanya beberapa jam saja bertengger puncak. Man City sudah langsung menggeser mereka usai kemenangan atas Brighton.

Kemenangan itu menjadikan Man City mengantungi poin 21. Mereka hanya unggul satu poin dengan tim di bawahnya, Liverpool, Tottenham dan Arsenal. Ini menjadikan persaingan kian ketat.

Pasalnya, Tottenham maupun Arsenal tetap berpeluang merebut takhta klasemen asal mengalahkan lawan-lawannya.

Arsenal melakoni laga tak mudah karena melawan Chelsea dalam London Derby. Sedangkan Tottenham juga menggelar derby Kota London melawan tamunya Fulham. 

Sementara, Brighton yang pernah menyulitkan Liverpool dan bahkan menghajar Manchester United masih tertahan di peringkat tujuh dengan poin 16. Sama dengan Aston Vila, namun mereka kalah selisih gol.

Di laga itu, Man City tampil maksimal dan bangkit setelah menelan kekalahan 1-0 dari Arsenal. Gebrakan dengan permainan ofensif pasukan Pep Guardiola menjadikan pertahanan Brighton kacau-balau.

Hasilnya, pertandingan baru berjalan tujuh menit, striker Julian Alvarez sukses menjebol gawang Brighton. Penyerang timnas Argentina ini menyelesaikan assist dari Jeremy Doku

Unggul 1-0 menjadikan The Cityzens kian agresif menekan lawan. Brighton seolah tak berdaya.

Hasilnya, Man City memperbesar keunggulan di menit 19. Kali ini Erling Haaland yang membawa tuan rumah unggul 2-0. Skor itu bertahan sampai akhir babak pertama.

Brighton mencoba bangkit di babak kedua. Permainan mereka mulai berkembang. Apalagi, Man City tak lagi agresif meski tetap unggul dalam penguasaan bola.

Hanya saja usaha tim tamu tak kunjung membuahkan hasil sampai akhirnya Ansu Fati menjebol gawang Man City. Gol pemain pinjaman dari Barcelona ini tercipta di menit 73.

Namun gol ini gagal menyelamatkan Brighton. Man City mampu mempertahankan keunggulan.

Menjelang akhir pertandingan, Man City kehilangan bek Manuel Akanji yang dikartu merah setelah menerima kartu kuning kedua di menit 95+5.

Tanpa Akanji tak ada pengaruhnya karena pertandingan tinggal beberapa menit lagi. Skor 2-1 untuk Man City bertahan sampai akhir laga.