Gabriel Jesus dan Kai Havertz Bawa Arsenal Geser Liverpool untuk Kembali ke Puncak
Striker Gabriel Jesus merayakan gol yang membawa Arsenal menang atas Brighton and Hove Albion. (X/@Arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal kembali ke puncak klasemen Premier League Inggris. Dalam laga melawan Brighton and Hove Albion di Stadion Emirates, Minggu, 17 Desember malam WIB, Arsenal menang 2-0 lewat gol-gol Gabriel Jesus dan Kai Havertz.

Persaingan kian ketat. Arsenal sukses mengudeta singgasana Premier League. Mereka menduduki posisi puncak setelah mengalahkan Brighton.

Kemenangan penting itu menjadikan The Gunners mengoleksi poin 39. Namun Liverpool tidak hanya turun satu strip.

Posisi mereka tergeser sampai ke posisi tiga karena Aston Villa sukses menduduki peringkat dua setelah menaklukkan Brentford 2-1.

Hanya, Liverpool masih bisa merebut kembali posisi puncak. Syaratnya, The Reds harus mengalahkan Manchester United dalam laga besar The Northwest Derby di Stadion Anfield, beberapa jam kemudian.

Sementara, Brighton gagal memperbaiki posisinya. Tim yang baru saja lolos ke 16 besar Liga Europa ini masih tertahan di peringkat sembilan dengan poin 26.

Mereka terpaut satu poin dengan West Ham United dan MU yang menempati posisi tujuh dan delapan.

Di laga itu, Arsenal harus bekerja keras meladeni Brighton. Apalagi, The Seagulls kerap merepotkan tim-tim besar.

Mereka mempermalukan MU 3-1 di kandang lawan di Old Trafford. Brighton juga pernah menahan Liverpool 2-2.

Ini yang menjadikan Arsenal cukup berhati-hati. Mereka juga tak serta-merta bermain terbuka karena Brighton juga bisa menekan pertahanan lawan.

Meski demikian, serangan kedua tim tidak ada yang membuahkan hasil sepanjang babak pertama. Arsenal tercatat memiliki sejumlah peluang tetapi belum bisa dikonversi menjadi gol.

Di babak kedua, Arsenal bermain lebih agresif. Hasilnya, mereka unggul setelah sundulan Jesus menembus gawang Brighton di menit 53.

Gol berawal dari sepak pojok yang dilakukan Bukayo Saka. Bola sempat hendak dibuang Jan Paul van Hecke lewat sundulan.

Namun bola justru mengarah kepada Jesus yang kemudian menyundulnya pula. Kali ini, bola meluncur deras ke gawang Brighton tanpa bisa dihalangi kiper Bart Verbruggen.

Unggul 1-0, Arsenal kian agresif menekan pertahanan tim tamu. Hanya saja mereka harus menunggu sampai menjelang akhir pertandingan sebelum Havertz membobol gawang Brighton di menit 87.

Kali ini, kapten Martin Odegaard yang membangun serangan Arsenal dengan memberikan bola kepada striker Eddie Nketiah.

Dirinya kemudian menyodorkannya kepada Havertz dan berhasil mengonversinya menjadi gol setelah menaklukkan Verbruggen.

Ini menjadi gol pertama Havertz di kandang sendiri sebagai pemain Arsenal. Eks pemain sayap Chelsea juga kian menunjukkan ketajamannya.

Setelah mengalami kesulitan dan sempat tenggelam di Emirates sehingga Havertz diprediksi bakal bernasib sama seperti di Chelsea, namun dia kemudian menunjukkan kebangkitan. Pemain timnas Jerman ini kian rutin memberi kontribusi gol bagi Arsenal.

Gol Havertz menjadikan Arsenal unggul 2-0. Skor itu bertahan sampai laga selesai dan Arsenal kembali ke puncak.