Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual, Hidup Tenang dan Tangguh di Segala Kondisi
Cara meningkatkan kecerdasan spiritual (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jenis kecerdasan yang dimiliki manusia tidak hanya kecerdasan akademik dan emosional. Masih banyak yang belum tahu jika ada juga kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang dalam menemukan harapan, memaknai, dan merasakan ketenangan dalam hidup. 

Kecerdasan spiritual juga berperan penting dalam konsep hidup sehat secara holistik. Kunci dalam penerapan hidup sehat tidak hanya dari aspek kesehatan jasmani, mental, dan kesejahteraan sosial. Kecerdasan spiritual menjadi faktor penyeimbang dari ketiga aspek hidup sehat tersebut. 

Kondisi spiritual memang memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh karena pada dasarnya terjalin hubungan antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Memiliki kecerdasan spiritual yang baik akan membuat individu menjalani hidup dengan optimis dan terhindar dari stres. Lantas bagaimana cara meningkatkan kecerdasan spiritual dan contoh tindakannya?

Karakteristik Kecerdasan Spiritual

Mungkin Anda yang masih bingung seperti apa bentuk atau contoh dari kecerdasan spiritual. Sebagian orang mungkin masih kesulitan melihat tanda-tanda kecerdasan spiritual pada diri sendiri maupun orang lain. Meski demikian, orang yang memiliki spiritual intelligence bisa dilihat dari cara berpikir maupun perilakunya. 

Berikut ini karakteristik yang umumnya terdapat pada orang dengan kecerdasan spiritual tinggi:

Punya Kesadaran Diri

Seorang individu yang mampu mengetahui apa yang menjadi nilai dalam hidupnya. Ia bisa memahami secara sadar apa yang diyakini dan sesuatu yang memotivasinya. Maksud dari sadar diri adalah paham terhadap nilai yang harus dipertahankan dengan baik. Terkadang seseorang kerap melupakan dan abai terhadap nilai-nilai baik yang harus dipegang.

Mengatasi Masalah dengan Prinsip Kuat

Terkadang seseorang kesulitan saat menghadapi masalah yang berat dan beragam dalam hidup. Seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual baik biasanya mampu mengatasi masalah sesuai prinsip dan keyakinan yang dipegangnya. Dalam diri mereka sudah tertanam prinsip yang matang sehingga bisa lebih tenang dalam menyelesaikan masalah. 

Menghargai Keberagaman dan Perbedaan

Seorang yang cerdas secara spiritual juga ditandai dengan sikap menghargai perbedaan dan keberagaman. Mereka bisa melihat perbedaan sebagai sudut pandang yang menarik dan hal yang biasa dalam hidup. Mereka juga tidak akan mudah memaksa kehendak atau melakukan kekerasan terhadap orang lain yang berbeda dengannya.

Memahami Akar Persoalan secara Mendalam

Sebelum gegabah menyelesaikan masalah, individu ini akan memahami akar persoalan secara mendalam. Biasanya mereka akan mengulik dan mengajukan pertanyaan dasar sebelum buru-buru mengambil kesimpulan. Seorang dengan kecerdasan spiritual tingi tidak akan membereskan masalah secara serampangan. 

Menyadari Hubungan antar Objek dan Fenomena

Kecerdasan spiritual tinggi membantu seseorang menyadari hubungan antar objek dan berbagai fenomena yang terjadi. Beberapa orang mungkin cenderung mengabaikan suatu hal atau menganggapnya tidak penting. 

Namun berbeda dengan seseorang yang memiliki spiritual intelligence, di mana akan melihat sesuatu secara holistik untuk mengetahui sebab dan akibatnya. Jadi mereka tidak akan mudah menghakimi atau menilai sesuatu tanpa mengetahui konteksnya.

Berpegang Teguh pada Keyakinan Sendiri

Seorang individu memiliki keyakinan yang dipegang teguh dan tidak mudah digoyangkan. Orang dengan kecerdasan spiritual umumnya tidak mudah dihasut atau dipengaruhi terhadap hal-hal di luar keyakinannya. 

Mampu Mengelola Stres dengan Baik

Kelebihan lain dari orang dengan kecerdasan spiritual tinggi adalah jarang mengalami stres. Individu ini memang memiliki kemampuan manajemen stres yang lebih baik. Mereka bisa mengontrol pikiran dan emosi sehingga tidak mudah down saat menghadapi kondisi tertentu.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual

Tingkatan kecerdasan spiritual tiap orang memang berbeda. Hal ini dipengaruhi dengan pengalaman hidup, wawasan, dan cara pandang terhadap kehidupan. Setiap individu mendapat panggilan atau kesadaran spiritual masing-masing yang unik dan berbeda dengan orang lain. 

Cara untuk mencapai kecerdasan spiritual tiap orang juga bisa berbeda. Meskipun secara karakter sama, namun metode-metode yang dilakukan untuk melatih kecerdasan spiritual bisa berbeda sesuai kebiasaan individu. Misalnya ada yang suka meditasi, berdoa, menyanyikan lagu-lagu religi, membaca buku inspirasi, healing di alam terbuka, melakukan kegiatan sosial, dan lainnya. 

Berikut ini sejumlah tips melatih kecerdasan spiritual yang mungkin bisa Anda terapkan:

  • Merefleksikan diri terhadap makna hidup
  • Mengikuti aktivitas bakti sosial agar bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki panggilan batin yang serupa
  • Mau menerima dan membuka diri terhadap perubahan dalam hidup
  • Melakukan kebaikan terhadap orang lain baik yang dikenal maupun tidak dikenal tanpa pamrih

Demikianlah beberapa cara meningkatkan kecerdasan spiritual yang perlu dipahami oleh setiap orang. Untuk bisa memunculkan potensi diri secara holistik, individu harus terus melatih kecerdasan spiritual dibarengi dengan kecerdasan intelektual dan emosional. Baca juga cara membangun self-esteem tinggi pada anak-anak.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.