Erling Haaland Tak Berkutik, Rep. Ceko Kalahkan Norwegia
Rep. Ceko menang 2-1 atas Norwegia di pertandingan uji coba. (X/@ceskarepre_eng)

Bagikan:

JAKARTA - Striker Erling Haaland tak berkutik saat Norwegia mengalami kekalahan di laga uji coba. Tampil di kandang sendiri di Stadion Ullevaal, Oslo, Sabtu 23 Maret 2024 dini hari WIB, Norwegia dipaksa mengakui Rep. Ceko 2-1.

Tim nasional Norwegia sesungguhnya cukup mentereng. Generasi anyar Norwegia memunculkan deretan pemain terbaik. Di lini depan ada Haaland yang merupakan mesin gol Manchester City.

Saat beruji coba melawan Ceko, Haaland mendapat dukungan dari Oscar Bobb, koleganya di klub. Bobb yang masih berusia 20 juga mulai melejit sejak masuk tim utama Man City.

Di sektor tengah kapten Arsenal Martin Odegaard menjadi dirigen permainan tim. Dirinya bahu-membahu dengan Sander Berge, gelandang Burnley.

Meski demikian Norwegia selalu gagal di turnamen besar. Bahkan Norwegia tak pernah lagi berlaga di Piala Eropa maupun Piala Dunia. Norwegia terakhir lagi berlaga di World Cup pada edisi 1998 dan hanya bertahan sampai babak 16 besar.

Dan, dua tahun berikutnya mereka lolos ke putaran final Euro 2000. Namun Norwegia menjadi tim penggembira dan sudah tersingkir di penyisihan grup.

Pada edisi berikutnya di Piala Dunia maupun Euro, Norwegia tak pernah berhasil melewati babak kualifikasi. Meski memiliki Haaland yang bersinar di Man City, Norwegia tetap tak terkena dampak sukses striker berusia 23 itu.

Tidak hanya Haaland, tetapi juga Odegaard yang membawa Arsenal ke puncak klasemen Premier League Inggris pun gagal memberi kontribusi bagi timnas.

Di laga itu, Norwegia sesungguhnya unggul lebih dulu melalui Bobb. Menyambut assist dari Fredrik Andre Bjorkan, dia membobol gawang Ceko di menit 20.

Hanya keunggulan Norwegia tak bertahan lama. Ceko sudah bisa menyamakan skor melalui David Zima di menit 36. Skor 1-1 itu bertahan sampai akhir babak pertama.

Sedangkan kemenangan Ceko ditentukan oleh Antonin Barak saat laga hampir berakhir. Gol Barak tercipta di menit 85 sekaligus menutup laga dengan skor 2-1.