Fakta Seputar Erling Haaland: Bakat Atlet Sedari Kecil
Fakta Seputar Erling Haaland (Instagram @erling.haaland)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Erling Haaland adalah pesepakbola profesional asal Norwegia yang saat ini bermain sebagai striker untuk Manchester City di Liga Inggris dan tim nasional Norwegia. Haaland lahir pada 21 Juli 2000, di Leeds, Inggris, sementara ayahnya, Alf-Inge Haaland, bermain untuk Leeds United. Dia dibesarkan di Bryne, Norwegia, dan mulai bermain sepak bola di usia muda. Lantas, seperti apa sih fakta seputar Erling Haaland?

Fakta Seputar Erling Haaland

Terlahir sebagai atlet

Haaland memiliki latar belakang keluarga yang sangat kuat di dunia olahraga. Kedua orang tuanya adalah atlet yang sangat baik. Ayah Haaland, Alf-Inge Haaland, juga seorang pesepakbola profesional yang bermain untuk beberapa klub Inggris ternama seperti Leeds United dan Manchester City selama karirnya.

Namun, Haaland Sr. menjadi terkenal karena menjadi sasaran salah satu tantangan paling terkenal dalam sejarah sepak bola ketika Roy Keane menghasilkan tekel yang menjijikkan dalam derby Manchester yang penuh semangat pada tahun 2001.

Ibunya, Gry Marita Braun, sementara itu, juga diakui sebagai juara nasional heptathlete tahun 90-an, sedangkan kakeknya adalah seorang pelari jarak jauh terkenal di Norwegia.

Bisa jadi pemain bola tangan profesional

Sementara Erling mengikuti jejak ayahnya dan menjadi pesepakbola, Alf-Inge mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa dia memastikan putranya akan mencoba berbagai olahraga lain sebelum memilih sepak bola. Pada usia 14 tahun, Erling sudah merasakan bola tangan, atletik, dan ski lintas alam.

Seorang atlet alami, Haaland unggul dalam berbagai olahraga saat tumbuh dewasa, dia adalah pemain bola tangan yang luar biasa, dan diberitahu oleh banyak pelatih bahwa dia dapat berkarier di olahraga itu. Ayahnya kemudian mengungkapkan bahwa manajer bola tangan Norwegia ingin dia bermain bola tangan.

Pelompat yang produktif pada usia lima tahun

Tahukah Anda bahwa Erling Haaland mencetak rekor dunia pertamanya pada usia lima tahun?

Meskipun usianya masih muda, dia sudah berlatih, mengikuti berbagai olahraga, dan membangun dirinya untuk menjadi atlet yang fenomenal.

Pada 22 Januari 2006, dia melakukan lompatan berdiri setinggi 1,63 meter!

Ternyata menjadi rekor dunia baru, dan 17 tahun kemudian, rekor itu masih bertahan sampai sekarang. Wow!

Memenuhi syarat untuk bermain untuk Inggris

Tak perlu dikatakan lagi, Haaland adalah masa depan sepak bola Norwegia.

Dia telah mencetak 21 gol hanya dalam 23 pertandingan untuk Drillos, dan merupakan wajah tim muda dan kompetitif Norwegia yang nyaris lolos ke Piala Dunia Qatar baru-baru ini.

Namun, Haaland lahir di Leeds dan bisa memenuhi syarat untuk bermain untuk Inggris. Namun, dia meniru ayahnya di level klub dan negara dengan memilih City dan Norwegia, sebuah keputusan yang wajar baginya karena dia menghabiskan sebagian besar masa mudanya di negara Skandinavia tersebut.

Idolanya adalah Zlatan

Haaland menyebut berbagai pesepakbola sebagai idolanya, termasuk orang-orang seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Namun, nama yang paling sering muncul adalah Zlatan Ibrahimovic.

Pemenang tendangan karatenya yang luar biasa melawan mantan klubnya Dortmund pada September 2022 menunjukkan bahwa dia telah belajar satu atau dua hal dari buku pedoman Zlatan. Belum lagi, dia memiliki selera yang sama untuk mencetak gol.

Meniru diet CR7

Kebanyakan atlet memiliki satu kesamaan: mereka banyak mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga fisik prima.

Haaland tidak terkecuali dalam hal ini. Dia juga mengikuti diet gila, dan alih-alih membuang-buang waktu mengikuti saran ahli gizi, dia berusaha keras untuk meniru diet GOAT itu sendiri, Cristiano Ronaldo.

Termuda dan tercepat untuk mencapai tanda 30 gol di Liga Champions

Dalam pertandingan yang sama seperti di atas, Haaland juga mencapai torehan 30 gol hanya dalam 25 pertandingan Liga Champions, menjadikannya pemain tercepat dan termuda yang mencapai tonggak sejarah tersebut dalam sejarah kompetisi.

Ruud van Nistelrooy sebelumnya memegang rekor sebelumnya, sementara Lionel Messi sebelumnya memegang rekor terakhir.

Jadi setelah mengetahui fakta seputar Erling Haaland, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait