Bagikan:

JAKARTA – Sekretaris Jenderal PBSI, Fadil Imran, menyebut pihaknya memprioritaskan tiga nomor membawa pulang medali dari Olimpiade Paris 2024.

Cabang olahraga (cabor) bulu tangkis sampai saat ini belum ada yang memastikan tiket ke multiajang terakbar dunia itu. Namun, beberapa nomor sudah dalam posisi aman dan tinggal mempertahankannya.

"Ada nomor yang kami prioritaskan untuk mendapatkan medali, yakni tunggal putra, ganda putri, dan ganda putra," ujar Fadil di Hotel Fairmont, Jumat, 8 Maret 2024.

Pada nomor tunggal putra, peluang besar tampil di Paris nanti dimiliki oleh Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Kedua pebulu tangkis itu saat ini berada di zona aman peringkat kualifikasi.

Bergeser ke ganda putra, kesempatan dimiliki Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Lalu, peluang ganda putri ada di tangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Terakhir, tunggal putri Indonesia berharap kepada Gregoria Mariska Tunjung, yang saat ini masih aman di posisi ketujuh kualifikasi ke Paris.

Fadil mengatakan pihaknya akan terus berusaha menambah atlet lolos ke Olimpiade Paris 2024. Salah satunya dari ganda campuran yang sejauh ini belum memiliki peluang.

"Mudah-mudahan yang sudah berada di posisi aman itu tidak ada beban, kecuali cedera menjadi persoalan utama," katanya.

Bulu tangkis merupakan satu-satunya cabor yang berhasil membawa pulang medali emas dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Olimpiade.

Total, sudah ada delapan medali emas yang dipersembahkan oleh bulu tangkis sejak 1992 di Barcelona. Olimpiade London 2012 menjadi satu-satunya edisi yang mana bulu tangkis gagal membawa pulang medali emas.