Apri/Fadia Tidak Butuh Jadi Unggulan di Olimpiade Paris 2024
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berusaha pertahankan peringkat kualifikasi Olimpiade Paris 2024 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA – Pasangan ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, tidak memiliki ambisi untuk mendapat status unggulan pada Olimpiade Paris 2024.

Pasangan peringkat kesembilan dunia tersebut saat ini masih dalam posisi aman untuk tampil di Olimpiade Paris 2024. Mereka pun memilih untuk fokus menjaga tempat mereka tersebut.

"Tidak ada (keinginan mengejar status unggulan). Saya sudah berbicara dengan Fadia, kami hajar saja. Tidak perlu mikirin unggulan, poin, dan lain-lain karena ada pengalaman dari kami," ujar Apri.

Apriyani/Fadia sebelumnya memiliki pengalaman tidak menjadi unggulan, tetapi akhirnya bisa mencapai babak final. Itu terjadi pada Kejuaraan Dunia 2023.

Ketika itu, pasangan yang mendapat medali emas SEA Games 2021 tersebut hanya mendapat status unggulan ke-11. Namun, mereka bisa melewati rintangan hingga menginjak partai final dan kemudian menjadi runner-up.

"Kejuaraan Dunia 2023 itu menjadi pelajaran buat kami. Dari awal sampai akhir itu berat banget. Jadi, tidak perlulah kami memikirkan (status unggulan). Fadia mengingatkan saya," kata Apri.

Apriyani adalah peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 di ganda putri. Ia mencapai prestasi tersebut ketika berpasangan dengan Greysia Polii yang saat ini sudah gantung raket.

Saat ini Apriyani/Fadia masuk dalam rombongan yang sedang tur Eropa. Di sana mereka akan tampil di Perancis Open 2024 yang berlangsung pada 5-10 Maret 2024 sebelum ke All England 2024.

Sementara itu, Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung dari 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Pengumuman atlet bulu tangkis yang lolos akan dilakukan pada 30 April 2024.