Bagikan:

JAKARTA - Liverpool kembali menurunkan pasukan muda saat menaklukkan Southampton 3-0 di pertandingan babak kelima Piala FA di Stadion Anfield, Kamis, 29 Februari 2024 dini hari WIB. Liverpool melaju ke perempat final untuk menghadapi Manchester United dalam The North West Derby.

Manajer Jurgen Klopp selalu memberi kesempatan kepada pemain muda untuk menunjukkan kemampuan. Saat menghadapi tim dari Divisi Championship, Kopp pun merotasi pemain dan menurunkan anak-anak muda yang sebagian besar dari tim akademi dan reserved.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, gelandang berusia 16 Trey Nyoni mendapat kesempatan bermain. Nyoni bermain selama 12 menit menggantikan Harvey Elliot.

Selain Nyoni ada deretan anak muda yang diturunkan sejak menit pertama seperti Conor Bradley, Jarell Quansah, James McConnell, Bobby Clark, dan Lewis Koumas. Menariknya gol-gol Liverpool dihasilkan pemain muda, Jayden Danns dan Koumas.

Di laga itu, hanya kapten Virgil van Dijk yang menjadi starter. Sedangkan pemain senior lain seperti Cody Gakpo dan Joe Gomez pun bukan dari tim inti. Mereka lebih sering duduk di bangku cadangan dan baru diturunkan di babak kedua.

Meski tampil dengan skuat kedua dan bahkan lapis ketiga, Liverpool masih terlalu kuat bagi Soton yang sesungguhnya pernah bermain di Premier League.

Mereka pun berpeluang kembali ke kasta tertinggi karena saat ini menduduki peringkat empat klasemen sementara.

Tampil di kandang sendiri, Liverpool yang baru saja menjuarai Carabao Cup dengan mengalahkan Chelsea ini menunjukkan performa terbaik. Hanya saja Soton sempat memberi perlawanan yang membuat The Reds kesulitan membobol gawang lawan.

Kesabaran pemain muda Liverpool akhirnya membuahkan hasil menjelang akhir babak pertama. Gol dihasilkan Koumas di menit 44.

Pemain berusia 18 ini berhasil menuntaskan assist dan Clark, gelandang The Kop yang berusia 19. Skor 1-0 untuk Liverpool menutup babak pertama.

Di babak kedua, Liverpool bermain lebih agresif. Namun serangan mereka masih menemui kebuntuan.

Usaha mereka kembali memberi hasil saat Danns mencetak gol di menit 73. Pemain berusia 18 ini melepaskan tendangan sedikit melambung yang gagal dijangkau kiper Joe Lumpley. Ini merupakan gol pertama dari Danns untuk tim senior.

Selanjutnya, Danns untuk kedua kali membobol gawang The Saint di menit 88. Dirinya memanfaatkan bola rebound setelah Lumley memblok tendangan Conor Bradley.

Liverpool unggul 3-0 dan lolos ke perempat final untuk menghadapi MU yang harus bekerja keras sebelum mengalahkan Nottingham Forest 1-0. MU bertindak sebagai tuan rumah di laga melawan Liverpool.